Tips Membeli Dan Memilih Tanaman Hias Aglaonema (2)


snow white (2)Posting kali ini melanjutkan posting sebelumnya yang telah diulas, pemilihan berdasarkan kualitas tanaman. Tanaman hias`Aglaonema membutuhkan tempat tertentu untuk kelangsungan hidupnya. Untuk tumbuh dengan normal dan berkualitas, aglaonema mempunyai persyaratan tumbuh tertentu. Bila tidak sesuai akan mengalami gangguan pertumbuhannya. Sebelum memutuskan membeli Aglaonema, harus dipersiapkan dahulu persyaratan pertumbuhannya. Jangan sampai menyesal kemudian hari, mengingat jenis tanaman hias ini harganya masih mahal.

Aglaonema mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Hal ini harus dipahami dahulu. Tidak hanya aglaonema saja, tanaman hias lainnya dan anggrekpun mempunyai hal yang sama. Masing-masing jenis mempunyai keunggulan dan kelemahan, juga menampilkan keindahan yang berbeda. Untuk para hobiis pemula, disarankan memilih jenis aglaonema yang mudah perawatannya. Berdaun tebal, cepat beranak dan rimbun, tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Sifat dan karakter aglaonema didasarkan atas warna daun. Dimana dibedakan menjadi 4 jenis warna.

1.    Aglaonema Hijau

Aglaonema ini berdaun warna dominan hijau, mempunyai daun relatif tebal. Tahan terhadap guyuran air hujan. Daya tahan terhadap hama dan penyakit kuat dan bandel. Mempunyai pertumbuhan yang cepat. Dan cepat beranak. Jumlah anakan banyak. Yang masuk aglaonema hijau : madam suroyo, Kresna, lipstik, adelia, esmeralda, evita, nina, jetayu.

2.    Aglaonema Merah

Warna daun dominan merah, daun relatif tipis. Aglaonema ini lebih manja, lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Bila lingkungan pertumbuhannya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Pertumbuhan anakan lambat. Dan anakan sedikit. Yang masuk aglaonema merah : red cochin, pride of sumatra, putri, red mascot, red jewelery, red wine, super red.

3.    Aglaonema Corak

Aglaonema ini mempunyai warna daun kombinasi hijau dan merah. Mempunyai sifat perpaduan antara aglaonema hijau dan merah. Termasuk aglaonema yang mudah perawatannya. Lumayan tahan terhadap serangan hama dan penyakit dan bandel. Cepat beranak dan anakan cukup banyak, walaupun tidak sebanyak aglaonema hijau. Yang masuk aglaonema corak : Aditya, audry, ariana, dolores, diana, donna carmen, harlequin, hot lady, sexy pink, jelita, tiara, widuri.

4.    Aglaonema Putih

Warna putih dominan pada daun aglaonema ini. Pola warnanya adalah putih berbintik-bintik atau loreng hijau. Daunnya lebar dan tipis. Kurang tahan panas, penempatan sebaiknya ditempat teduh. Anakan lambat tumbuh. Yang termasuk aglaonema putih : snow white, hujan es, kipas, morodoklo, yellow erown, white beauty.

Dari 4 jenis aglaonema tersebut, masing-masing mempunyai sifat dan karakter yang berbeda. Namun tetap menampilkan keindahan yang menawan. Mudah-mudahan dapat membantu para hobiis dalam menentukan pilihannya, terhadap tanaman hias si ratu daun ini.

About these ads

2 Tanggapan

  1. [...] hobiis untuk memelih aglaonema harus mengetahui karakter aglaonema tersebut, apalagi kalau mau dijadikan indukan untuk [...]

  2. [...] Selain rasa kepuasan batin juga kebanggaan. Aglaonema bagus ditandai dengan pertumbuhan yang sehat, daun mulus dan mengkilap, warna dan corak menonjol serta kompak. Sebagai tanaman hias daun, aglaonema memang harus memamerkan [...]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 514 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: