Tips Merawat Anggrek Bulan (Phalaenopsis)


Anggrek bulan adalah anggrek kesukaan saya, mempunyai kelopak bunga yang lebar dan anggun. Termasuk tanaman Anggrek bulan hybridanggrek yang mudah dirawat dan rajin berbunga. Anggrek bulan termasuk golongan anggrek monopodial. Anggrek yang tumbuh keatas dari satu batang. Bunga dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bunga anggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh cabang bunga baru.

Phalaenopsis atau anggrek bulan spesies, keberadaannya di Indonesia menyebar dihutan tropis Indonesia. Sebagai tanaman hias indoor, anggrek bulan sangat menawan. Sehingga tidak bisa dipungkiri, penggemarnya meluas. Di Taiwan anggrek bulan hybrid sudah diusahakan sekala industri. Dengan tehnik meryclone. Dan produksinya diekspor keseluruh negara, termasuk indonesia. Di Indonesia sendiri nursery anggrek bulan sudah cukup banyak, terutama di Jawa.

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang cara perawatan anggrek bulan :

  1. Anggrek bulan tidak membutuhkan sinar matahari penuh, hanya 20% saja. Sehingga perlu naungan. Naungan bisa dengan paranet. Temperatur ideal yang diperlukan adalah 30O C saat siang dan 23O C pada malam hari. Dengan kelembaban maksimum 70%. Bila terlalu basah tanaman mudah busuk oleh jamur maupun bakteri. Untuk mengetahui secara visual kebutuhan intensitas matahari dapat dilihat dari warna daunnya. Daun berwarna hijau, menandakan intensitasnya cukup. Sedangkan berwarna hijau tua, intensitasnya kurang, dan bila intensitas sinarnya berlebih, maka daun akan berwarna kecoklatan karena terbakar.
  2. Sirkulasi udara sangat dibutuhkan. Artinya hembusan angin cukup baik untuk pertumbuhan tanaman anggrek bulan. Semakin baik sirkulasi udara dalam nursery, pertumbuhan tanaman anggrek bulan akan semakin bagus. Untuk nursery atau tempat pemeliharaan anggrek bulan yang kurang baik sirkulasi udaranya, dapat dipasang kipas angin. Fungsi sirkulasi udara ini untuk meratakan temperatur dan kelembaban serta cepat membuang udara panas maupun terlalu basah.
  3. Penyiraman dilakukan dua kali sehari. Bisa ditingkatkan tiga kali sehari, bila udara panas. Penyiraman yang baik jam 07.00 ~ 09.00 dan 16.00 ~ 18.00. Penyiraman sebaiknya langsung kearah akar dan menggunakan air yang bersih, tidak tercemar limbah kimia.
  4. Menjegah adalah lebih baik dari pada mengobati. Prinsip ini juga berlaku dalam perawatan anggrek bulan. Untuk itu guna menjaga serangan hama dan penyakit, perlu dilakukan penyemprotan insektisida dan fungisida seminggu sekali. Penyemprotan sebaiknya dilakukan sore hari.
  5. Makanan, nutrisi juga diperlukan oleh anggrek bulan. Lewat pemupukan yang teratur pertumbuhan tanaman anggrek bulan akan prima dan rajin berbunga. Pupuk yang dibutuhkan adalah pupuk yang kaya akan kandungan kalsium (Ca), Phospor (P), dan Kalium (K). Pemberian pupuk dilakukan rutin dua minggu sekali. Pemberian pupuk dengan cara pupuk dilarutkan dahulu dengan air kemudian disiramkan. Perlu juga ditambahkan pupuk daun dengan cara di spray.

Itulah cara sederhana atau cara yang umum dilakukan wawaorchid dalam perawatan anggrek bulan. Cara tersebut mudah dikerjakan oleh para hobiis anggrek, terutama anggrek bulan. Pengembangan sistem perawatan tergantung kepekaan dan inovasi para hobiis. Tujuannya sama adalah mendapatkan pertumbuhan tanaman anggrek bulan yang baik dan rajin berbunga. Selamat mencoba….

About these ads

55 Tanggapan

  1. saya pengen beli anggreknya, apa harganya bisa kurang untuk anggrek remaja

  2. Gambarnya kurang besar dan banyak. Saya tunggu info. Anggrek lainnya.

  3. mohon bantuan..saya memiliki anggrek phalae 4 buah, 2 diantaranya sudah pada tumbuh akar menjulang kemana2..dan ada lumut (gangga hijau) di pangkal batang pohon bawah, media tanam berupa serutan kayu oven, dengan pot dari plastik, dan ditaruh dibawah atap sama sekali tidak kena sinar matahari langsung. pertanyaannya;
    1. apakah berbahaya or pengaruh buruk terhadap akar yang menjulang kemana2 tsb?
    2. apakah berbahaya or perlukah dibersihkan lumut tsb?
    3. Untuk media tanam apakah sudah cukup atau salah sama sekali secara tumbuhnya akar dan daun sepertinya agak berlebihan (banyak)tapi tidak ada tunas bunga??
    selanjutnya 2 pot berikutnya untuk media tanam saya tambahkan arangdi sela2 lapisan antara serutan kayu, tetapi kok tumbuhnya justru lebih lambat? sedangkan untuk media arang di anggrek yang lain (bukan phalae) normal justru arang tersebut dijadikan rambatan akar?
    mohon petunjuk..jawabannya saya harapkan sekali..
    terima kasih

  4. saya hobby memelihara anggrek bulan, tetapi beberapa bulan ini daerah (Waru-Sidoarjo) tempat saya tinggal belum ada hujan sama sekali sehingga udaranya sangat panas saya kwatir sekali terhadap anggrek bulan yang saya pelihara. Anggrek bulan punya saya daunnya cepat busuk. Bagaimana caranya supaya anggrek 2 saya tetap sehat dan cepat berbunga ?
    Thanks saranya.

  5. untuk pupuk daun yang d spray, di berikan ke tanaman anggrek berapa hari atau berapa minggu sekali?? atau setiap hari??

  6. Untuk pupuk daun dapat disepraykan secara periodik 1 ~ 2 minggu sekali

  7. [...] dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bunga anggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh [...]

  8. saya punya seedling anggrek bulan yang akarnya terkena hama sehingga pertumbuhannya terhambat.pestisida apa yang cocok untuk memberantas hama tersebut

  9. Mohon hati2 menggunakan pestisida saat tanaman anggrek masih muda, salah aplikasi bisa habis semua. Hama seperti apa yang menyerang ini yang kurang jelas, mohon maaf.

  10. [...] Jenis ini disebut anggrek Epiphyt. Yang termasuk jenis ini: Cattleya, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis, Vanda, Oncidium. Kedua tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang [...]

  11. [...] sudah siap umur dan batangnya untuk berbunga. Untuk anggrek yang paling cepat pertumbuhannya, phalaenopsis dan dendrobium dibutuhkankan waktu lebih kurang 18 bulan setelah keluar dari botol, untuk berbunga [...]

  12. thank a lot buadth info.a,,,coz da ngringanin tugas q di scula…..!!!!!!!!!!
    hehehehe

  13. [...] Jenis ini disebut anggrek Epiphyt. Yang termasuk jenis ini: Cattleya, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis, Vanda, Oncidium. Kedua tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang [...]

  14. [...] sudah siap umur dan batangnya untuk berbunga. Untuk anggrek yang paling cepat pertumbuhannya, phalaenopsis dan dendrobium dibutuhkankan waktu lebih kurang 18 bulan setelah keluar dari botol, untuk berbunga [...]

  15. saya baru beli anggrek bulan yang sedang berbunga, sesampai di rumah saya siram medianya, tapi keesokan harinya ke keempat daun nya rontok mulai dari ketiaknya… yang tersisa tinggal tangkai bunga. Apakah tanaman yang seperti masih bisa bertahan? bagaimana menanganinya. trims.

  16. Mungkin daerah anda kering, sehingga tanaman stress penyesuaian. Untuk menangani tanaman yang rontok daun tersebut beri kelembaban di sepray atau disiram dan jangan kena sinar matahar langsung. Terima kasih

  17. Kira-kira sebulan yang lalu anggrek-anggrek bulan saya saya tinggal tugas ke luar kota dan selama beberapa hari tidak ada yang merawat. Sekarang beberapa daunnya kelihatan layu, lemas, tetapi tidak mengering. Meskipun sudah tumbuh daun baru yang kuat dan segar, daun-daun lama masih bertahan tidak kering tetapi dalam keadaan lemas tidak segar. Di samping itu sudah agak lama tidak rajin berbunga lagi. apa yang sebaiknya saya lakukan? Mohon pencerahannya.Terima kasih.

  18. Sebelum dirangsang untuk berbunga pulihkan duku kondisi tanaman dari stress akibat tidak dirawat. Buat tanaman segar kembali, beri rangsangan secara berlahan dengan pupuk daun disepray, bisa dilakukan setiap minggu, kalau sudah kelihatan segar pupuk dengan N tinggi untuk menyehatkan kembali tanaman tersebut. Bila tanaman sudah sehat kembali bisa dirangsang pembungaan dengan pupuk kandungan P yang tinggi, disepray setiap 2 minggu sekali, bisa ditambahkan vitamin B atu bisa dirangsang juga dengan hormon geberilin. Selamat mencoba.

  19. [...] pvc tersebut, kemudian talang diisi air secukupnya. Mempunyai pengaruh yang baik untuk tanaman anggrek phalaenopsis. Cara ini memang membutuhkan investasi talang yang cukup besar. Namun efisiensi dalam penggunaan [...]

  20. [...] bintik-bintik warna coklat kehitaman. Kebanyakan jamur menyerang pangkal daun dan biasanya pada phalaenopsis, vanda, spathoglottis dan cymbidium. Dengan ciri, daun tampak seperti masih segar, tapi tiba-tiba [...]

  21. [...] anggrek yang tidak tahan terhadap cahaya matahari langsung, misalnya Cattleya, Dendrobium atau Phalaenopsis. Namun bila cahaya matahari kurang, daun tanaman menjadi berwarna hijau tua. Pertumbuhan tanaman [...]

  22. thanks 4 the info..it’s so useful, especially 4 a beginner like me :P

  23. saya akan berbagipengalaman. cobalah dipupuk dengan ostrich C dan ostrich D dicampurkan. Kemudian dismprotkan 2 kali dalam seminggu pada akar atau daun. Pagi hari jam 6 s/d 9 atau sore jam 4 s/d 6. Itu adalan untuk merangsang munculnya tunas baru dan bunga. Selamat mencoba !

  24. Terima kasih atas masukkannya, dan akan kami coba.

  25. [...] Jenis ini disebut anggrek Epiphyt. Yang termasuk jenis ini: Cattleya, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis, Vanda, Oncidium. Kedua tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang [...]

  26. Makasih infonya..smoga bermanfaat bagi hobiis dan pecinta anggrek :-)

  27. makasih infonya…smoga bermanfaat bagi hobiis dan pecinta anggrek

  28. Thankzz InFrmaSi.naa :)

  29. [...] dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bunga anggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh [...]

  30. Mohon bantuan, saya punya anggrek bulan berumur kira-kira 2 bulan, setelah bunga gugur semuanya kemudian batangnya mengering tapi daun masih hijau, sehari-harinya saya tempatkan di dalam ruangan yang tdak terkena sinar matahari langsung. bagaimana caranya mengatasi batangnya yg kering tersebut? mohon bantuannya,, terimakasih..

  31. Baru pelihara 2 bulan atau umur 2 bulan, klo umur 2 bulan belum berbunga, bongkar tanaman dan cek akarnya, mungkin akarnya rusak. Setelah itu ganti media arangnya dan tempatkan pada tempat yang kena sinar matahari pagi. Terima kasih

  32. assalamu’alaikum mbak
    numpang nanya
    saya baru saja beli anggrek bulan, tapi saya belinya yang belum ada bunganya…
    saya tanya sama tukan jualnya katanya anggreknya mesti di siram air cucian beras sekali sehari, terus boleh kena sinar matahari…
    saya masih bingung sebenarnya keterangan si tukang jual bunga itu bener apa ndak…

    apa bisa anggrek ini ditaro di pot terus digeletakin gitu aja dibawah pohon (biar ndak kena banyak sinar matahari)?

    terus gimana caranya supaya bisa dapet bunga yang banyak?

    kalo dahan yang sudah berbunga terus kering itu perlu di potong atau dibiarin gitu aja?

    apa kita biarin aja kalo misalkan ada tumbuhan liar kecil2 yang tumbuh disekitar media tanamnya?

    maaf ya mbak pertanyaannya banyak. hehehe…

  33. Sorry ini akang, bukan mbak….saya coba jelasin sedikit saja karena yang banyak sudah diulas di artikel
    1. air cucian beras memang bagus, tidak hanya untuk anggrek tapi untuk semua tanaman hias, karena mengandung vit. B dan hormon, tapi klo sudah mau berbunga interval siramnya dikurangi saja.
    2. Anggrek bulan tidak suka sinar matahari penuh, sebaiknya dikasih naungan atau dibawah pohon yang penting tidak langsung kena sinar matahari dalam jangka lama
    3. kalau mau baugus ya diberi perawatan yang bagus, siram, pupuk dll
    4. Program kebersihan penting, nggak hanya kita saja, tanaman juga perlu dibersihkan dan lingkungan bersih.
    tq

  34. aku monya penelitian anggrek bulan
    tapi sering mengalami kegagalan tautnya ntar gagal lagi ya taruma dong
    gmn ya baiknya

  35. Mau nanya pak…boleh ndak pemakaian pupuk lebih dr 2 macam??? Pupuk apa yg bs mempercepat tumbuh bunga??? ​<3♏ªτůя:);)ΠůώůΠ<3(y)™.

  36. Semua pupuk hampir sama, untuk pembungaan cari pupuk yang tinggi kandungan P

  37. tanaman itu mudah mbak, asal kita mau ngikuti apa yang dimau tanaman tersebut (temperatur, humidity, nutrisi dll). jangan trauma terus dicoba pasti anda bisa.

  38. [...] habitat aslinya, dimana tanaman anggrek tumbuh didalam hutan, menempel didahan pohon yang rindang. Phalaenopsis, jenis anggrek yang membutuhkan intensitas matahari paling rendah, 20%. Jenis lainnya pada kisaran [...]

  39. [...] dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bunga anggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh [...]

  40. Trims tips nya,..sy jd tahu kenapa anggreku yg kena mthri langsung daunya gak gde2 malah mungkret n kering..,lha bgusnya dtempel phon pa di pot ya? Thanx

  41. Ditempel dipohon akan menjadikan anggrek seperti dialamnya, akar bebas mencari makan dan menyebar, namun kelemahanya kalau berbunga maubawa masuk rumah tidak bisa. thank

  42. Kenapa kuncup bunga anggrek bulanku rontok sebelum mekar, dan bagaimana caranya membersihkan lumut yang ada di pot, saya sangat mengharapkan jawabannya, thanks !

  43. banyak faktor rontoknya kuncup bunga, coba diamati mungkin ada hama trip atau kutu apis pada kuncup bunga tersebut, atu mungkin tanaman baru di pupuk dengan dosis yang kelewat banyak, untuk lumut memang agak susah, bersihkan saja dengan sikat kawat baja kemudian taruhnya jangan yang kehujanan terus.

  44. Saya baru belajar memelihara anggrek bulan. Pertama kali membeli anggrek itu sedanga berbunga dan menngunakan pot plastik. Kemudian ada daun yg menguning kemudian gugur. Akhirnya saya pindahkan ke pot tanah liat dan baian dasarnya saya gunakan akar pakis dan bagian atas sebagai penutup saya gunakan moss. Tp akhir akhir ini saya perhatikan dibalik daun timbul bercak bercak hitam. Apakah ini penyakit? Apakah penyebabnya? Bagaimana mengobati dan mencegahnya?
    Juga apakah normal bunga yang sdh mekar sekitar 2 minggu kemudian kering dan rontok? Kerontokan itu terjadi dengan mulai mekarnya bunga yang lain.

    Mohon bantuannya dan seelumnya saya ucapkan terima kasih.

  45. Anggrek bulan bisa hidup baik didaerah yang agak dingin dengan kelembaban relatif yang cukup, bagaimana dengan daerah anda? akar anggrek adalah akar nafas, sehingga perlu media yang tidak padat, cacahan pakis cukup baik, akan lebih baik potongan pakis kotak atau arang kayu. Anda membeli anggrek bulan imporan dari taiwan dengan pot plastik dan media most, akan lebih baik kalau dipindah di pot yang lebih besar dan ditambah dengan media pakis atau arang kayu, anggrek anda sebenarnya normal saja, tapi mungkin pertumbuhan akarnya kurang bagus, sehingga nutrisi yang terserap tidak maksimal. untuk bercak hitam mungkin jamur. langsung dipotong saja daungnya biar tidak menjalar ke lainnya.

  46. [...] Bunga dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bungaanggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh [...]

  47. [...] Bunga dari anggrek bulan tumbuh dari sisi batang dari arah bawah. Dengan perawatan yang sesuai bungaanggrek bulan sangat tahan dan tidak cepat layu. Bahkan batang bunga yang sudah rontok bunganya, dapat tumbuh [...]

  48. saya senang memelihara anggrek bulan,tapi ga pernah berhasil.Saya beli yg dewasa,setelah beberap bulan tumbuh daun baru tapi kecil,begitu seterusnya menyusun keatas.mohon info,bagaimana mengatasinya.thanks.

  49. Saya yakin Anda pasti orang yang sibuk, mudah sekali sebenarnya merawat anggrek, baca kembali di blok ini Anda pasti akan temukan jawabannya, kuncinya pada penyesuaian tempat, tidak terlambat menyiram, dan jangan kena sinar matahari berlebih, untuk anggrek bulan cukup 30% saja.

  50. Untuk anggrek bulan, hama dan jenis penyakit apa yang sering menyerang serta bagaimana cara mengatasinya mas? Tq untuk infonya

  51. Pada musim hujan, apakah penyiraman bunga anggrek bisa dilakukan satu kali dalam sehari mas? lantas apakah ada warna anggrek bulan lainnya selain seperti gambar yang ditunjukan pad artikel ini?

  52. Apakah kalu media bibit anggrek hanya air kelapa, bubur pisang, bubur ketela dan ragi. tetap bisa tumbuh bibit tersebut?
    Mohon infonya…trima kasih.

  53. thanks infonya kang.Kyknya emang telat nyiram,saking khawatir busuk klw keliwat sering nyiramnya.Indikatornya apa sih,biar pas nyiremnya.mohon petunjuk lagi.he.he..

  54. Kalau pakai media arang atau pakis setiap hari disiram tidak apa, kondisikan pas panas, tapi kalau hujan dan ditaruh diluar enggak perlu disiram

  55. ok.terima kasih…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 513 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: