4 dasar perawatan tanaman anggrek untuk tumbuh baik dan rajin berbunga


Den.Cinta AcehBanyak orang suka dengan keindahan bunga anggrek. Wajar karena bunga anggrek mempunyai sejuta pesona. Apalagi dengan banyaknya penyilang saat ini, banyak ragam warna dan jenis baru bermunculan. Waaooo…. indahnya, itulah kata pertama terucap bila melihat  anggrek kesayangannya lagi berbunga. Namun tidak semudah yang dibayangkan untuk dapat menikmati semua keindahan bunga anggrek tersebut. Pengorbanan… pasti diperlukan. Tenaga biaya dan waktu, diperlukan untuk merawat sang idaman. Dengan perawatan dasar yang tepat, anggrek akan tampil menawan dan rajin berbunga.

Sebenarnya tidaklah terlalu rumit dalam merawat tanaman anggrek. Juga tidak diperlukan teknologi. Hanya tau kebutuhan hidup tanaman anggrek, juga ketelatenan dan kejelian dalam pengamatan sehari-hari mutlak diperlukan. Dengan pengamatan sehari-hari akan cepat diketahui masalah yang ada. Fokus terhadap tanaman memang diperlukan, apalagi pemeliharaan dalam sekala besar. Kelengahan atau keterlambatan dalam penanganan hama dan penyakit akan berdampak besar terhadap kerusakan tanaman. Ada 4 dasar perawatan tanaman anggrek yang mesti diperhatikan. Dan ini tidak bisa ditinggalkan. Bila ingin mendapat tanaman anggrek dengan tampilan menawan dan rajin berbunga.

1.   Penaungan

Tanaman anggrek tidak memerlukan intensitas matahari secara penuh. Masing-masing jenis anggrek membutuhkan intensitas matahari yang berbeda. Selama pertumbuhannya tanaman anggrek memerlukan naungan. Seperti habitat aslinya, dimana tanaman anggrek tumbuh didalam hutan, menempel didahan pohon yang rindang. Phalaenopsis, jenis anggrek yang membutuhkan intensitas matahari paling rendah, 20%. Jenis lainnya pada kisaran 40% – 60%. Untuk naungan, yang mudah menggunakan paranet. Ketebalan paranet disesuaikan dengan kebutuhan intensitas sinar matahari jenis anggrek yang titanam. Hindari masuknya sinar matahari secara langsung dan berlebihan. Kelebihan intensitas sinar matahari akan menyebabkan daun-daun menguning seperti terbakar.

2.   Penyiraman

Penyiraman pada tanaman anggrek sangat dipengaruhi oleh media tanam, besar kecilnya tanaman, temperatur lingkungan, kelembaban, aliran udara dan jenis pot yang digunakan. Menyiram tanaman anggrek sebaiknya mengunakan sprayer, sehingga butiran air yang keluar dapat diatur, agar tidak merusak media tanam, bunga dan daun anggrek. Penyiraman yang baik langsung disemprotkan pada bagian akar, supaya langsung terserap.

Penyiriraman  baik dilakukan pada pagi hari jam 07.00 ~ 09.00 dan sore hari jam 15.00 ~ 17.00. Jangan menyiram anggrek terlalu banyak. Air yang menggenang dalam pot bisa membuat akar membusuk dan tanaman mati. Frekuensi penyiraman tergantung pada jenis anggrek. Anggrek yang mempunyai pseudobulb (anggrek simpodial) lebih tahan kering, misalnya : oncidium, dendrobium, cattleya. Penyiraman pada jenis anggrek ini cukup 1 – 2 kali sehari. Anggrek monopodial harus disiram lebih sering, 2 – 3 kali sehari, misal : phalaenopsis dan vanda.

3.   Pemupukan

Dasar pemupukan adalah fase pertumbuhan tanaman angrek. Ada 2 fase pertumbuhan tanaman anggrek. Fase vegetatif adalah periode pertumbuhan tanaman anggrek dari penyemaian sampai anggrek muda. Fase generatif adalah saat anggrek mulai dewasa dan telah siap berbunga.

Pada fase vegetatif pupuk yang mesti digunakan adalah pupuk yang kaya akan unsur N. Unsur N ini merupakan bahan utama penyusun protein yang sangat dibutuhkan dalam proses pembelahan sel. Sehingga pertumbuhan tanaman bisa lebih cepat. Pada fase generatif bisa diberikan pupuk dengan unsur hara P yang lebih tinggi. Yang berfungsi untuk merangsang proses pembentukan bunga. Dapat juga diberikan vitamin dan hormon pertumbuhan.

Pemupukan yang baik adalah lewat daun, karena daun mempunyai daya serap yang lebih besar daripada akar. Jangan memberikan pupuk dengan cara menaburkan langsung ke dalam pot. Pupuk yang diserap akar hanya pupuk yang terbawa oleh air. Sementara sisanya akan mengendap dalam pot dan bisa menjadi tempat yang potensial untuk perkembangnya penyakit. Waktu yang tepat melakukan pemupukan adalah saat dimana mulut daun sedang terbuka, yaitu jam 08.00 ~ 10.00 dan atau jam 15.00 ~ 17.00. Sehingga proses penyerapan makanan berlangsung lebih cepat.

4.   Penggantian Pot

Penggantian pot adalah proses dimana tanaman anggrek ditanam ulang dengan pot yang lebih besar dengan media tanam baru. Mengingat pertumbuhan tanaman anggrek yang semakin membesar, dikawatirkan pot lama tidak cukup menampung saat tanaman anggrek siap berbunga. Kapan harus melakukan penggantian pot tidak ada waktu yang pasti. Kejelian pengamatan sehari-hari sangat diperlukan. Adapun tandanya saat yang tepat melakukan penggantian pot adalah :

>  Pot sudah padat oleh tunas baru.

>  Pot sudah tidak cukup menampung perakarannya.

>  Media tanam banyak ditumbuhi lumut.

>  Media tanam sudah hancur dan lapuk.

Hanya 4 dasar perawatan tersebut yang mesti diperhatikan, untuk mendapatkan pertumbuhan tanaman anggrek yang baik. Sedangkan lainnya bersifat sebagai penunjang atau insidentil. Kegagalan dalam melakukan perawatan dasar tersebut dipastikan akan menyebabkan kegagalan semuanya. Yaitu tanaman kurus kurang terawat, mudah terserang hama dan penyakit dan penundaan pembungaan. Bahkan yang paling parah bisa menyebabkan kematian. Apa yang didapatkan..??? kerugian…!!! Bagaimana dengan tanaman anggrek anda para hobiis..??? Sudahkah perawatan dasar tersebut dilakukan.?? Tidak ada kata terlambat, koreksi ulang dan cepat lakukan. Semoga sukses…!!!!

About these ads

47 Tanggapan

  1. Hidup anggrek indonesia

  2. [...] 4 dasar perawatan tanaman anggrek untuk tumbuh baik dan rajin berbunga [...]

  3. [...] 4 dasar perawatan tanaman anggrek untuk tumbuh baik dan rajin berbunga [...]

  4. Met siang pak,

    Sy christy dr Lampung, sdh sejak remaja suka anggrek, tp blm mampu membudidayakannya dg baik.

    Sy punya anggrek raja/tebu, sdh sy rawat sejak 4thn lalu. Dipupuk dg berbagai cara agar berbunga, tp hasilnya nihil. setelah bosan dan dicuekin, 1bln lalu, dari 12rumpun yg ada, 10 rumpun berbunga dg hebohnya 1rumpun bs 7-9bulb bunga.

    Apakah benar anggrek raja/tebu hanya berbunga 4th sekali pak? info, sy beli 4thn lalu sdh tanaman dewasa dan hbs berbunga.

    Best Regards,
    Christy

  5. enggak juga, pada dasarnya semua anggrek klo sudah waktunya dan siap berbunga akan berbunga terus, asal kondisi lngkungannya mendukung

  6. [...] 4 dasar perawatan tanaman anggrek untuk tumbuh baik dan rajin berbunga [...]

  7. Salam kenal pak, sukses slalu utk situsnya ya agar trus bisa berbagi tips dan trik lainnya yg bermanfaat bagi kami semua hobiis angrek, saya antok dr mataram yg ingin sy tanyakan adalah 3 minggu yg lalu sy membeli 5 anggrek vanda dan 2 anggrek lain yg daunnya menjari seperti daun sirih maaf sy tdk tahu nama dan jenisnya, dari 5 anggrek itu kesemuanya diberi naungan dan disiram dua kali sehari dan memang belum pernah dipupuk, tapi mengapa daunnya pada kisut, menguning kecoklatan lalu rontok dan akarnya tidak mau berkembang, malah cenderung kecoklatan seperti membusuk, menurut bapak apa yg perlu sy lakukan? lebih bagus mana pupuk cair atau yg butiran kalo saya mau memberi pupuk? mohon balasan dan penjelasannya

  8. Salam kenal kembali Mas Frianto, saya minim sekali informasi anda, kalau benar vanda, bagaimana keadaan sebelum dibeli, baikkah, vanda sendiri minta agak panas, mungkin apakah terlalu gelap, naungannya, sehingga daunnya menguning dan rontok. kedua, vanda akarnya adalah akar nafas artinya suka terbuka. Akar yang membusuk mungkin terlalu basah dalam pot. Untuk itu bongkar aja, kemudian buang akar yang sudah busuk. Untuk vanda tidak usah pakai media, gantung aja ikat di ranting atau kayu spy bisa digantung. siram sekali saja kalau darahnya lembab, dan bila hujan tidak usah disiram. Untuk pupuk anggrek harus dalam bentuk cair sehingga mudah aplikasinya. Mudah-mudah mengena dan terima kasih.

  9. [...] tidak rusak, tanaman tidak goyang dan draenase lancar. Penanaman yang benar ditunjang dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik serta penempatan pada daerah yang benar dipastikan akan memberikan pertumbuhan tanaman yang bagus [...]

  10. [...] fungsi dan tujuan yang berbeda pula. Tentang pemupukan anggrek  pernah kami ulas sedikit pada perawatan anggrek. Dimana ada dua sasaran penting yaitu fase vegetatif dan generatif. Dasar pemupukkanpun tidak boleh [...]

  11. [...] bibit anggrek tersebut dari dalam botol untuk dipindahkan pada pot, yang kemudian dilakukan perawatan lanjutan. Permasalahannya sekarang kapankah saat yang tepat [...]

  12. selain gafiota ada gak pupuk yang bagus buat anggrek, karna aku punya anggrek daun banyak tapi gak ber bunga2 trus yang gak ada daun malah berbunga bantu yaaa syukur2 kasih tau nama pupuknya dan cara penggunaannya

  13. [...] tidak rusak, tanaman tidak goyang dan draenase lancar. Penanaman yang benar ditunjang dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik serta penempatan pada daerah yang benar dipastikan akan memberikan pertumbuhan tanaman yang bagus [...]

  14. [...] fungsi dan tujuan yang berbeda pula. Tentang pemupukan anggrek  pernah kami ulas sedikit pada perawatan anggrek. Dimana ada dua sasaran penting yaitu fase vegetatif dan generatif. Dasar pemupukkanpun tidak boleh [...]

  15. [...] dapat terjadi. Namun tanaman anggrek cenderung lebih tahan terhadap serangan hama. Terutama tanaman angggrek dengan perawatan yang baik. Kondisi kebersihan tanaman dan lingkungan terpelihara dengan baik. Pertumbuhan tanaman terawat dan [...]

  16. [...] mengatur kebutuhan cahanya matahari bisa digunakan naungan dari paranet. Saat ini sudah banyak dijual dipasaran paranet dengan ketebalan [...]

  17. [...] tidak rusak, tanaman tidak goyang dan draenase lancar. Penanaman yang benar ditunjang dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik serta penempatan pada daerah yang benar dipastikan akan memberikan pertumbuhan tanaman yang bagus [...]

  18. selamat siang pak……saya termasuk pengemar anggrek dan dirumah ada beberapa anggrek yang saya tanam, salah satunya anggrek bulan. sejak saya tanam sampai sekarang anggrek bulan tersebut belum pernah berbungan bahkan sempat mati dan saya biarkan ternyata tumbuh lagi. kira2 pupuk apa yang digunakan untuk anggrek bulan dan agar anggrek bisa berbunga terus di beri apa ya pak ? terima kasih

  19. Untuk masalah pupuk, anggrek itu tidak rakus nutrisi, sehingga pupuk apapun bisa digunakn asal sesuai aturan dan dosisnya, kalau mau berbunga tanamannya harus sehat dulu dan dikondisikan sesuai habitatnya,.. pasti akan cepat berbunga…

  20. [...] mendapadatkan tanaman yang lemah menjadi kuat pertumbuhannya, tanaman yang jarang berbunga menjadi rajin berbunga. Untuk mendapatkan anggrek hybrid yang berkualitas, tahapan penyilangan ini perlu mendapat [...]

  21. [...] mendapadatkan tanaman yang lemah menjadi kuat pertumbuhannya, tanaman yang jarang berbunga menjadi rajin berbunga. Untuk mendapatkan anggrek hybrid yang berkualitas, tahapan penyilangan ini perlu mendapat [...]

  22. Berapa kali dalam sebulan untuk pemberian. Thanks

  23. Bagaimana cara merawat phalaenopsis yang sedang berbunga.. Pemupukan apa saja yg harus dilakukan pada saat berbunga. Terima kasih. Phalaenopsis saya jenisnya hybrid..

  24. Kalau daerah anda panas siram setiap hari asal tidak menggenang, jangan dikenakan sinar matahari langsung, tapi klo pagi enggak apa (jam 08.00), klo bisa juga tidak kena hujan terus, untuk pupuk dapat digunakan pupuk yang kandungan unsur P & K lebih tinggi, pupuk disiramkan saja ke akarnya.

  25. saya pencinta anggrek bulan,
    yang menjadi masalah sekarang keluar akar panjang dan banyak bolehkah akar tsb dipotong? krn mengurangi keindahan.

  26. Jangan dipotong akarnya, itu untuk menyerap makanan, semakin banyak akar semakin sehat anggrek anda, coba amati lebih mendalam akar-akar yang bergelantungan dan dipadu bunga yang indah akan terlihat semakin indah.

  27. sa’at pemindahan tanaman anggrek dalam pot baru, batang-batang yang sudah tidak berdaun tapi belum mati bisa dibuangkah ?

  28. Bisa saja, klo anggrek dendro batang yang dipotong jangan dibuang, iket taruh ditempat lembab,nanti bisa keluar anakan baru.

  29. hi wawa orchid, diantara banyak artikel yang saya baca, saya hanya nemu artikel yang berkesan jujur dan mau berbagi ilmu disini. thank you banget pak atas semua artikel na. bapak, seminggu lalu saya beli anggrek di pameran mall deket rumah. lagi pada berbunga, dan pas beberapa hari dirumah saya curiga liat ada akar yang hitam lembek dari dalam pot, total beli ada 12 pot, dan ternyata itu akarnya hanya 2 smp 3 cm dan media dari penjual basah sekali. sejak beli sampe sekarang saya hanya siram pake sprayer 2hari sekali. anggrek na bulan , dendro, dan oncidium pak. trus juga setelah saya baca artikel di wawa orchid, saya baru sadar kalo itu kutu, keong, bintik2 putih adalah hama. kira2 saya harus gimana ya pak nanganin anggek na? saya pemula. tolong saran na ya pak.. thank you so much

  30. Memang harus mau berkorban, namun untuk meraih kedepannya tanaman anda sehat dan rajin berbunga, saran saya ganti saja medianya (saya tidak tahu media semula) dengan media yang porous (arang kayu, potongan pakis), bersihakan akarnya, akar yang busuk dipotong saja dan kalau ada hama dibersihkan saja (cuma sedikit tidak usah pakai insektisida),tapi mungkin lebih baiknya dicelup larutan fungisida, tanaman biar tidak goyang karena akar belum banyak, perlu dikasih tiang dan diikat dengan potnya, tempatkan di teduhan siram sehari sekali, jangan dipupuk dulu kalau akar belum kuat dan sehat. selamat mencoba.

  31. PAk Eddy Yth, saya baru memiliki bunga Anggrek Macan dengan 6 bonggol dan 2 tangkai bunga.
    Yg menjadi pertanyaan saya, bgmn cara memindahkan kedalam pot. Atau harus saya tempel seperti saat saya mendapatkannya ?
    Apakah tanaman ini harus dihindarkan dari semut ? soalnya ada banyak semut dibagian akarnya yang sering naik ke tangkai bunga.

    Tewrimakasih banyak atas respon dan sarannya.

  32. hi gherie, kalo saya, pk insektisida seminggu skali. tp coba tunggu jawaban pak edy, jawaban beliau lebih meyakinkan soalnya ketimbang saya yang juga pemula..

  33. Siapkan dulu pot dan medianya, pot usahakan yang ukuranya seimbang dengan besar tanaman, dan untuk anggrek cari yang lubang banyak. kalau semuanya sudah siap tinggal pindahkan, bisa langsung dengan media tempelnya dimasukan dlm pot, namun kalau pingin dilepas, ngelepasnya direndam dalam air, biar akarnya tidak rusak. untuk semut harus dihindarkan, karena biasanya akan makan atau menghisap cairan ujung akar atau ujung tunas.

  34. Untuk anggrek bila musim hujan begini, lebih fokus dengan fungisida, bisa diroling bergantian dengan insektisida, kalau sudah sekala kebun memang harus setiap minggu, tapi kalau masih sedikit, bisa diamati kalau ada gangguan saja.

  35. Pak eddy.. sya mayra, pemula dalam tanaman anggrek. Saya punya 2 pot tnaman anggrek bulan tp pot nya sangat kecil. Bs kah saya pindahkan ke pot yg lbh besar? Bgaimna cranya n perlukah sya tmbahkan media tnamnya? n apabilan nnti kelopak bunga anggrek bulannya sudah rontok semua, apa yg hrs sya lkukan agar tetap berbunga, apakah hrus sya potong tangkai bunga yg mnjulur panjang tsb atau dibiarkan saja?
    Trima kasih pak eddy sblumnya.:-)

  36. Oya pak eddy, slain mnngunakan air brsih, apakah bnar bs mnyiram tnaman anggrek dngan air cucian beras? Trimkasih pak sblumnya.:-)

  37. Bisa saja, air cucian beras masih banyak mengandung vitamin B, kalau mau rutin bagus, akar anggrek jadi banyak, sehinnga nutrisi yang diserap juga meningkat.

  38. Kalau mau aman nantinya saja pindahnya biar bunganya habis dulu, tapi biar tidak gampang jatuh masukkan dalam pot keramik atau pot plastik yang agak besar dan diganjalsaja. kalau mau ganti pot sesuakan dengan besar tanaman. yang jelas pasti tambah media, pakai arang kayu saja, gampang carinya. kalau bunga sudah habis, bisa dipotong tangkainya, tapi kadang anggrek bulan kalau perawatanya bagus diujung tangkai bunga tersebut mau keluar bunga lagi.

  39. pak edi salam kenal saya anggi,,saya mau tanya dengan masalah anggrek bulan yang daun nya busuk bagian paling bawah,,trus akar juga udah mulai busuk malah smpai ke batang nya,,sudah saya bershkan ,,setelah itu saya tmpel aja d pohon biar bebas dulu udaranya,,,apakah ada harapan untuk tmbuh…..??coz sayang pa warna nya sangt langka,,trma ksh,mhon saran nya

  40. Kemungkinan kena jamur atau virus, coba bersihkan yang busuk dan rendam fungisida, kemudian bisa tempel di pohon.

  41. Salam kenal Pak Edy,
    Saya ingin memisahkan batang2 anggrek yang sudah berbunga karena terlalu rapat, tapi khawatir luka yang ditimbulkan dari batang yang sudah menempel akan membawa efek negatif. Apa yang sebaiknya dilakukan?

  42. Saya punya beberapa anggrek jns dendro.Tapi,sudah beberapa bulan ini tidak mau berbunga lagi.Padahal sudah rutin diberi pupuk,matahari cukup,kebutuhan air,dan naungan di bawah pohon.Apakah perlu zat lain dalam menyuburkan anggrek?apa ada zat alternatif nya?apakah itu?Trima Kasih sebelumnya…:)

  43. Bagaimana penanganan biji anggrek agar tumbuh tanpa perlu memasukkan ke dalam botol?apakah ada alternatif lain?

  44. Cek perakarannya kuat nggak, dan media bagaimana, dendro terlalu subur juga kurang rajin berbunga.

  45. Sebaiknya tunggu bunganya habis dulu, agar tidak rusak rendam air bersama potnya biar gampang untuk melepaskan akar yang sudah menempel. pisahkan didalam air juga lebih bagus.

  46. Pak,jenis-jenis anggrek yg dijual dan harganya berapa saja ya?

  47. sangat membantu, terima kasih infonya : )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 515 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: