Cara Menanam Anggrek untuk memperoleh hasil pertumbuhan yang terbaik.


Pada dasarnya dihabitat aslinya, hanya ada dua tempat tumbuh tanaman anggrek. Pertama tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain dan tidak mengganggu tanaman yang ditempeli. Jenis ini disebut anggrek Epiphyt. Yang termasuk jenis ini: Cattleya, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis, Vanda, Oncidium. Kedua tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang subur. Jenis ini disebut anggrek Terrestris atau anggrek tanah.

Posting kali ini akan menjelaskan bagaimana cara menanam anggrek epiphyt, yang telah dilakukan oleh wawaorchid selama ini. Ada dua cara, yaitu ditanam pada pot dan ditempel pada pohon atau papan pakis.

Sebenarnya menanam anggrek itu sangat mudah dan sederhana, namun diperlukan kesabaran, ketelatenan dan fokus. Point terpenting pada penanaman anggrek adalah perakarannya tidak rusak, tanaman tidak goyang dan draenase lancar. Penanaman yang benar ditunjang dengan pemeliharaan dan perawatan yang baik serta penempatan pada daerah yang benar dipastikan akan memberikan pertumbuhan tanaman yang bagus dan bunga yang indah.

Banyak kasus yang memaksakan penanaman anggrek pada daerah yang kurang sesuai sehingga pertumbuhan dan bunga yang dihasilkan juga tidak maksimal. Sebagai penanam maupun penikmat bunga anggrek, seharusnya bisa menyesuaikan dengan habitat tanaman anggrek jenis apa yang akan ditanam. Harus tahu apa yang dibutuhkan tanaman anggrek tersebut. Menyesuaikan bagaimana lingkungannya, kebutuhan airnya, semaksimal mungkin mendekati habitat aslinya.

Penanaman dengan pot.

Untuk jenis anggrek yang berbatang monopodial (Vanda, phalaenopsis) cara menanam batang diletakkan ditengah-tengah pot. Karena anggrek ini akan tumbuh terus lurus keatas. Sedangkan anggrek berbatang sympodial (cattleya, dendrobium, cymbidium, oncidium) cara menanamnya bagian batang yang tua diletakkan menempel pada pinggir pot. Dan bagian tunas diletakkan pada bagian tengah pot. Sehingga tanaman akan tumbuh makin ketengah.

Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan untuk menanam dipot adalah :

1. Pot (Pot plastik atau tanah)

Pot yang akan dipakai sebaiknya pot baru. Bisa digunakan pot bekas namun harus dengan perlakuan terlebih dahulu. Pot bekas biasanya ditumbuhi lumut, jamur bahkan mungkin bakteri. Dan mungkin pot telah asam. Untuk itu harus dibersihkan sampai betul-betul bersih. Pemilihan pot adalah penting. Pot yang akan digunakan juga harus disesuaikan dengan besarnya tanaman dan jenis anggrek yang akan ditanam. Misalnya untuk vanda potnya beda dengan phalaenopsis. Vanda butuh pot yang dalam dan berongga banyak, sedangkan phalaenopsis memerlukan pot yang tidak terlalu dalam dengan lobang draenase yang cukup. Untuk yang menggunakan pot plastik sebaiknya lubang dibagian bawah pot diperbesar, dan tambah lobang dibagian samping atau sisi pot agar draenase lebih lancar.

2. Tiang penahan batang tanaman.

Lebih baik dibuat dari kawat dengan diameter 2~4 mm. Disamping kokoh juga tahan lama. Fungsi dari tiang ini adalah untuk menyangga tanaman agar tidak goyang saat penyiraman atau perlakuan lainnya. Sehingga pertumbuhan akar tidak terganggu. Tiang penyangga dapat dilepas bila tanaman sudah menempel kuat pada pot.

3. Media tanam.

Untuk menanam anggrek dipot diperlukan media tanam. Ada beberapa jenis media tanam untuk anggrek. Seperti, potongan pakis, arang kayu, potongan sabut kelapa, pecahan batu bata atau genteng. Media ini diperlukan untuk mengikat air dan tempat menempel akar tanaman.

Adapun cara penanamannya yang pertama pasang tiang penahan sampai menyentuh dasar pot. Isi pot dengan pecahan batu bata atau genteng secukupnya, bisa sampai 1/3 tinggi pot. Ini difungsikan untuk pemberat pada pot plastik dan penahan air. Kemudian masukkan media arang kayu atau potongan pakis 1/3 tinggi pot. Setelah itu tanaman anggrek diletakkan diatas media dan akar diatur supaya menyebar rata. Jangan lupa batang tanaman diikat pada tiang penyangga. Yang terakhir diatas akar ditambah media lagi secukupnya. Perlu diingat, jangan sampai batang tanaman pseudo-bulb tertimbun oleh media (cattleya, dendrobium). Hal ini untuk menghindari luka yang bisa menyebabkan busuk dan tanaman mati. Yang ditimbun oleh media adalah akar-akarnya saja.

Penanaman dengan ditempel

Penanaman dengan cara ini lebih simple dan tidak membutuhkan media. Pilihlah tanaman anggrek yang tidak terlalu panjang batangnya, untuk menghindari patah. Tempelkan tanaman anggrek pada pohon atau papan pakis. Pohon atau papan pakis inilah sebagai media tanamnya yang berfungsi untuk menempel akar-akar tanaman anggrek. Agar menempel kuat dan tidak goyang ikat batang anggrek tersebut pada pohon atau papan pakis dengan tali plastik atau tali ijuk atau yang lainnya yang tidak berkarat. Setelah perakarannya menempel kuat, tali bisa dilepas. Lebih praktis tali pengikat bisa diganti kawat dengan panjang 5 – 6 cm, dibentuk huruf U. Kawat ini untuk menjepit batang anggrek yang ditempelkan pada papan pakis atau pohon.

Biasanya kita tidak menyadari hal-hal sederhana, namun penting dalam penanaman anggrek. Baru menyadari ketika tanaman kurang bagus pertumbuhannya bahkan sampai mati. Mungkin posting diatas dapat membantu anda para pecinta anggrek. Setidaknya menambah pengalaman dan sebagai pembanding apa bila anda mempunyai cara penanaman lainnya.

About these ads

51 Tanggapan

  1. Pak edy yth,
    Saya penggemar anggrek bulan meski baru pemula. Saat ini saya mempunyai 20 an pot anggrek bulan dari mulai beli yang masih bayi sampai yang sudah berbunga. hal ini karena penasaran, kenapa belum bisa saya membungakannya?
    Saya tinggal di Denpasar, anggrek saya letakkan di emperan dibawah naungan pohon yang cukup rindang. Daun-2nya lumayan gemuk-2. Pemupukan saya lakukan rutin 1 minggu sekali dengan pupuk cair dengan disemprot dan tiap pagi saya siram dengan air beras yang telah diendapkan semalam.
    Mohon bisa diberikan advis apa rahasianya agar cepat berbunga
    Terimakasih,
    Salam
    Hapsari

  2. Memang anggrek bulan itu ada yang rajin berbunga dan ada yang malu-malu berbunga, punya Anda masuk yang mana?, anggrek gemuk belum tentu baik, kalau gemuk daunnya aja dan tidak mau berbunga, untuk apa. Kalau tanaman anda sudah umur untuk berbunga kurangi pemupukan, 2 minggu sekali aja. Pupuknya cek jangan pakai yang banyak N nya, tapi yang lebih tinggi P nya dan kalau mau lebih cepat lagi rangsang pakai hormon dengan disepray. hormon sudah banyak dijual kok dan murah.

  3. Terimakasih banyak om, artikelnya sangat bermanfaat, sedikit info nih,, ada bisnis Affiliasi Gratis dengan komisi terbesar di Indonesia langsung aja ke www.http://chayat.com/affiliasigratis
    Sukses buat kita semua

  4. Terimakasih banyak bung…….artikelnya banyak membantu saya sebagai pemula dalam menanam anggrek……….

  5. Penjelasan yang anda berikan bagus sekali dan sangat membantu perawatan bagi pencinta anggrek . Terima kasih kami sampaikan pada anda

  6. Mkasih banyak tas artikelnya pak o ya klw bisa tolong dong ditulis jg jenis2 pupuk yg digunakan pada anggrek.

  7. makasih tips2x tuk menanam anggrek bulan krn selama ini anggrek bulan g suka padaq……..

  8. Saya suka anggrek,tapi saya tidah tahu banyak soal jenisnya.anggrek favorit saya itu mahkotanya berbentuk bulat.itu jenis apa ya?cara menanam dan merawatnya bagaimana?tolong jelaskan.
    Untuk pak Edy yth.

  9. Mungkin anggrek bulan…., tapi menurutku semua jenis anggrek itu bunganya indah. rahasianya semua ada diartikel wawaorchid, coba cari satu persatu. thank

  10. tolong sy bgmna caranya menanam anggrek tanah yg sy ambil dri gunung?? apakah di tanam menggunakan akar atau batang atau dengan bijinya sja?? trimakasih yaa..

  11. Untuk anggrek tanah yang ambil dari gunung, ya.. tanam semua tanaman yang berakar dimedia tanah yang subur. kalau mau biakan biar cepat banyak dapat dilakukan dengan media kultur pada bijinya. thank

  12. anggek memang salah satu tanaman yang sangat digemari,,,tetapi banyak orang yang takut untuk membudidayakannya,,,tapi setelah membaaca artikel ini mungkin banyak orang akan tidak ragu lagi untuk membudidayakan anggrek karena relatif mudah, apalagi anggrek memiliki nilai jual yang cukup tinggi….:)

  13. Mudah kok budidaya anggrek, harga relatif stabil, peminat terus bertambah. thank

  14. good…..!!!!! pengen bgt… tanam.. yg… buuaaanyaaak…!!!!

  15. klu mau tanam anggrek tpi apa bisa di stek pucuk

  16. Selama ini belum pernah dilakukan seperti itu, kalau anggrek tanah jenis tertentu memang ada dengan stek batang, yang umum dilakukan dengan di clone atau tabur benih dengan media agar. supaya cepat dapat bibit dengan cara masal.

  17. [...] Cara Menanam Anggrek untuk memperoleh hasil pertumbuhan yang terbaik. Pada dasarnya dihabitat aslinya, hanya ada dua tempat tumbuh tanaman anggrek. Pertama tanaman anggrek yang hidup menempel pada tanaman lain dan tidak mengganggu tanaman yang ditempeli. Jenis ini disebut anggrek Epiphyt. Yang termasuk jenis ini: Cattleya, Dendrobium, Cymbidium, Phalaenopsis, Vanda, Oncidium. Kedua tanaman anggrek yang hidup ditanah. Biasanya hidup pada tanah berhumus yang subur. Jenis ini disebut anggrek Terrestris atau anggrek tanah. [...]

  18. apahkah gromor/gandasil cocok untuk semua jenis anggrek

  19. Bisa dipakai untuk anggrek

  20. Bagaimana caranya mengembangkan anggrek macan/tebu, kebetulan anggrek macan/tebu saya sudah banyak tunasnya dalam 1 pot, apakah bisa dipisahkan secara langsung dengan cara dipotong? terimakasih

  21. Bisa mas, langsung saja dipisahkan dengan induknya, yang penting diteduhkan dulu sampai perakaran baru sudah tumbuh.

  22. Apakah anggrek bisa tumbuh subur di daerah panas, seperti tempat tinggal saya di deket pantai di Bekasi? Pengalaman pernah beli anggrek di pameran, setelah beberapa minggu di rumah dia tidak mau berbunga lagi bahkan akhirnya mati..

  23. Bisa saja, cari jenis dendrobium, dan kondisikan dengan peneduh dan jangan terlambat siram serta akan lebih baik ditambah kelembaban dengan disepray air atau dibawah pot kasih piringan dan selalu diisi air.

  24. trims unt tips2nya. sy pingin banget coba2 tanam anggrek tapi apa bisa ya tumbuh di teras rumah yg tdk ada pohon2an, panas siang hari sekitar jam 12 sp jam 3 siang?? dengan sistim pot yang digantung?

  25. Anggrek tanaman yang cepat menyesuaikan lingkungannya, kalau daerah panas cari jenis anggrek dendrobium, tahan terhadap panas. tapi masih perlu juga naungan, diteras asal tidak kena matahari langsung tidak masalah, namun kalau sinar mataharinya masuk teras, kasih naungan dari paranet.

  26. saya menanam anggrek yg warna ungu tapi uda brp tahun gak berbunga salah dimana ya pohonnya lurus subur juga trims

  27. Anggrek jenis apa ya…..mungkin apa pupuknya yang kurang pas, apa penempatannya? maaf saya kurang informasi yang detail, jadi susah kalau hanya kira-kira

  28. Hahaha|

    Saya suka om sama anggrek, saya ngurus anggrek dari saya di bangku SMP,
    Tapi sampe sekarang ga pernah berbungan, udah nanya2 ke orang, cari2 info di internet, udah di coba berbagai macam media, ttp aja ga ada hasilnya,
    Tolong dongg

  29. Anggreknya jenis apa dan dipeliharanya dimana ? sementara jawabnya ini dulu, karena saya nggak tahu kondisi anggrekmu

  30. informasi yg bermanfaat banget, terimakasih. baru minggu kemarin beli anggrek, sepertinya phalaenopsis. karena newbie, bagaimana perawatannya? saya taruh di pot gantung dengan media “mos” (kata penjualnya). untuk pembiakan/perbanyakan bagaimana? apakah cukup dengan pupuk NPK dengan PK tinggi (klo ada merk,boleh dishare). matur suwun

  31. Pertama jangan kena sinar matahari langsung, apalagi siang hari, siram secukupnya jangan berlebih, tempatnya ada aliran udara. Untuk perbanyakan/pembiakan tidak mudah perlu hal khusus (laboratorium), kalau baru coba beli saja yang siap bunga.

  32. gan gmna caranya mendapatkan bibit anggrek bulan yg botolan..dan cara awal budi dayanya…maklum newbie tp bunga yg paling kusuka hanya anggrek bulan..

  33. oh ya saya sudh ada beberap jenis anggrek bulan putih ungu dan kuning tp untuk memperbanyaknnya gmna gan..mohon pencerahnnya

  34. Bibit botolan banyak dijual dopasar bunga, kalau mau pilih yang bagus langsung pada pembuatnya, caranya gampang kirim alamat email nanti saya kirim bagaimana pengelolaan bibit botolan.

  35. Anggrek bulan termasuk monopodial, jadi perbanyakan tidak bisa displit karena tidak beranak. Untuk itu penyakannya bisa dari biji atau dengan cara kultur jaringan.

  36. mas edy , kalo mau pake pupuk semprot gmna cara pnyemprotan yg baik dan pupuk merk apa yg di sarankan , sama penggantian media bgusnya brapa buln sekali mas .. thanks sbelumnya ..

  37. Mas edy, sya punya dendro yg msh remaja yg sya beli secara massal, yg saya gntung di teras rumah, gmn caranya biar cepat berbunga ?
    Sya msh newbie, mksh infonya …

  38. Dirawat yang baik; jangan kena sinar matahari langsung, 80% saja, daerah panas siram sehari sekali, kasih pupuk sepray atau siram 2 minggu sekali.

  39. Sebenarnya semua merk pupuk baik, kandungan pupuk sesuaikan dengan umur tanaman, kalau untuk anggrek baik pupuk cair, tapi kalau granul dicairkan dulu baru disiram di pangkal batang dan media, kalau pupuk cair semprotkan seluruh tanaman enggak apa-apa. Untuk mengganti media 1. kalau pot sudah penuh oleh rumpun anggrek (anggrek dendro, catelya dll). 2. kalau media sudah asam (arang sudah kusam, hancur).

  40. saya punya angrek setelah berbunga habis daun berguguran lalu bagaimana untuk menumbuhkan daun yang segar lagi,saya takut kalau kalau salah pupuk,pupuk yang saya berikan pupuk gromon cair sekali seminggu

  41. Anggrek apa ya…. buat supaya tanaman tidak goyang, agar akar dapat tumuh dengan baik, kalau agar banyak daun akan bagus dan siap berbunga, puouk cukup.

  42. Saya penggemar anggrek,tp tidak bisa memeliharanya krn sesudah berbunga slalu gak berbunga lagi ya pak edi ? Apa batangnya harus dipotong habis biar bisa tumbuh yg baru? Terima kasih pak edi.

  43. Anggreknya jenis apa ya…. kenapa harus dipotong batangnya, kasihan kalau harus di mutilasi….kasih tahu yang lebih detail tentang jenis dan dimana tempat sehingga siapa tahu saya dapat kasih solusi, thank.

  44. Artikelnya bagus sekali semoga bisa bermanfaat.
    Saya ada juga nih http://bertanambungaanggrek.blogspot.com/

  45. Berapa harga bibit anggrek bulan botolan ? dan apa bisa dikirim ?

  46. Dikirim kemana saja bisa, untuk harga lansung kontak ke Wawan o8125200146 / 087756779687

  47. .thanks gan infonya bermanfaat banget. buat agan-agan yang minat sama anggrek bisa beli disini http://kebunbibit.com/en/17-anggrek

  48. terima kasih posingnya..sangat menbantu

  49. saya senang anggrek dimana beli bibit yg mau berbuanga dan berapa harganya ? bisa ngak dikirim kr aceh? makasih

  50. Wawaorchid sudah kirim sampai kalimantan, makasar Jawa barat, bisa hubungi wawan di 08125200146 atau 087756779687

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 517 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: