Pemupukan Anggrek, cara tepat dan terbaik untuk mendapatkan pertumbuhan dan pembungaan


Pada kenyataannya banyak hobiis anggrek yang masih belum memahami cara pemupukan anggrek yang tepat. Bagi para pemula, masih menganggap semua jenis pupuk sama kegunaannya untuk tanaman anggrek. Ada seorang teman menanyakan mengapa tanaman anggreknya tidak mau berbunga, padahal sudah dipupuk setiap minggu, dan tanamannya subur dengan daun yang lebar. Ketidak mengertian tentang pemupukan anggrek, yang  membuat banyak orang asal memberikan pupuk pada tanaman anggreknya. Dan berharap anggreknya cepat besar dan cepat berbunga.

Memang anggrek termasuk tanaman yang lamban pertumbuhannya. Sehingga banyak orang yang tidak sabar, untuk  melihat anggreknya cepat berbunga, yang dipacu dengan pemupukan. Hasilnya tanaman anggrek hanya mengalami pertumbuhan dan tidak berbunga. Sebenarnya memacu pembungaan bisa dilakukan, dibantu dengan hormon. Dengan syarat tanaman memang sudah siap umur dan batangnya untuk berbunga. Untuk anggrek yang paling cepat pertumbuhannya, phalaenopsis dan dendrobium dibutuhkankan waktu lebih kurang 18 bulan setelah keluar dari botol, untuk berbunga pertama.

Dipasaran saat ini beredar berbagai merek dan jenis pupuk dengan kandungan yang berbeda. Tentunya juga mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda pula. Tentang pemupukan anggrek  pernah kami ulas sedikit pada perawatan anggrek. Dimana ada dua sasaran penting yaitu fase vegetatif dan generatif. Dasar pemupukkanpun tidak boleh lepas dari fase itu. Secara umum pada tanaman anggrek untuk melakukan pemupukan dikelompokkan menjadi tiga umur sebagai berikut :

1. Tanaman Seedlings (Bibit)

Katagori bibit ini adalah tanaman anggrek mulai keluar dari botol sampai umur 9 bulan. Pada umur ini dibutuhkan pupuk dengan kandungan N lebih banyak. Hal ini karena unsur N yang tinggi akan digunakan tanaman untuk membentuk protein yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perkembangannya. Bisa digunakan pupuk yang mengandung unsur N, P, K dengan perbandingan 60:30:10.

2. Tanaman Mid-size (Ukuran sedang/remaja)

Yang termasuk dalam katagori ini adalah tanaman setelah sembilan bulan sampai siap berbunga pertama yaitu 18 bulan. Pada umur ini dibutuhkan ratio unsur N, P dan K yang sama. Pertumbuhan sudah tidak secepat periode bibit. Disamping itu tanaman perlu persiapan kondisi untuk masuk vase generatif/pembungaan. Bisa digunakan pupuk dengan kandungan unsur N, P, K dengan perbandingan 30:30:30 atau 20:20:20.

3. Tanaman Flowering-size (Ukuran berbunga)

Setelah 18 bulan tanaman anggrek masuk fase pembungaan. Sehingga dibutuhkan pupuk dengan kandungan unsur P yang lebih tinggi. Unsur P selain juga untuk pertumbuhan, sangat penting untuk merangsang pembungaan. Dengan fokus pada pembungaan, bisa digunakan pupuk dengan kandungan unsur N, P, K dengan perbandingan 10:60:10.

Aplikasi yang mudah adalah menggunakan pupuk yang sudah lengkap kandungan unsur N, P dan K atau sering dijual dengan nama pupuk NPK. Dan juga sudah banyak dijual pupuk dengan kandungan NPK lengkap dengan berbagai ratio. Namun apabila tidak menemukan ratio yang tepat sesuai pertumbuhannya, maka harus dikombinasikan dengan pupuk lainnya.

Cara pemupukan anggrek yang terbaik adalah dengan melarutkan pupuk dalam air, kemudian disepraykan keseluruh bagian tanaman anggrek. Tanaman anggrek mempunyai keistimewaan yaitu daunnya dapat menyerap air serta garam-garam yang terlarut didalamnya. Untuk itu waktu pemupukan yang tepat saat stomata daun membuka lebar, pada pagi jam 08.00 ~ 10.00 dan sore jam 15.00 ~ 17.00.

Pemilihan pupuk adalah penting. Ini berhubungan dengan ratio N,P,K yang dibutuhkan. Hal penting  yang perlu diperhatikan dalam pemupukan anggrek :

-     Pakailah pupuk dengan NPK ratio yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan tanaman anggrek.

-     Pemakaian dosis sesuai dengan petunjuk pabrik pembuatnya.

-     Jangan memberikan pupuk granul secara langsung pada akar atau media.

-     Jangan memberikan pupuk saat tanaman sedang istirahat (dormant).

-     Jangan memberikan pupuk pada tanaman anggrek yang sedang sakit.

-     Pupuk yang digunakan harus benar-benar larut dalam air.

Seorang pekebun harus dapat melihat kebutuhan tanaman akan hara. Dengan membaca kondisi media atau mendengarkan keluhan tanaman. Karena penampilan tanaman akan memberikan gambaran dengan jelas apa yang sedang dialami ataupun dibutuhkan oleh tanaman tersebut. Ia harus peka dan tahu betul kondisi tanamannya. Bagaimana dengan Anda..??? Dan perlu diingat jangan sekali-kali menggunakan pupuk secara berlebihan hingga melampaui dosis maksimum. Yang didapatkan bukannya tanaman menjadi bagus. Tapi berakibat lebih rusak dari pada tanaman tanpa dipupuk sama sekali.

About these ads

18 Tanggapan

  1. Bagaimana mengatasi hama anggrek?

  2. Hama pada anggrek banyak jenisnya,hama apa yang dimaksud. Namun secara umum untuk menekan hama pada anggrek yang harus dilakukan :
    1. Jaga kebersihan lingkungan dan dibawah rak anggrek.
    2. Pemilihan bibit dan tanaman yang bebas hama.
    3. Spray rutin dan tepat dosis dengan insektisida.
    4. Tanam dalam greenhouse dengan full jating kasa dindingnya.
    5. Batasi orang masuk, kalau memang tidak penting.
    Ini dulu terima kasih.

  3. Mohon bantuanya.Saya seorang pekerja kebun istana di brunei(TKI) dan saya di tuntut untuk selalu menjaga dan merawat Tanaman anggrek tapi saya mengalami masalah dengan nama dan tempat pembelian Pupuk di sini,karna perbedaan merek”apakah ada solusi untuk saya?

  4. Selamat Sdr Akim
    Semoga anda termasuk TKI yang beruntung (bahagia)
    Untuk pupuk jangan melihat merek, memang merek terkenal cenderung baik. Tapi kalau di Brunei beda, cari aja pupuk sesuai dengan tingkat pertumbuhan anggreknya
    1. Untuk anggrek pertumbuhan kasih ppk NPK yang kandungan N nya lebih tinggi.
    2. Untuk merangsang pembungaan kasih ppk NPK yang kandungan P nya lebih tinggi.
    3. Untuk perawatan kasih ppk NPK yang seimbang.
    Semoga bermanfaat.

  5. untuk anggrek dewasa fase gene ratif tapi yg baru repotting gmn pupuknya?mengingat perakaran belum sempurna menempel di media.mhon saran..thx

  6. Bisa dibantu dengan sepray di daun, dengan dosis yang rendah dulu.

  7. mengapa bibit anggrek botol yg saya tanam, setelah 1 minggu tiba2 pada mati secara bersama..?

  8. Masalah yang umum bisanya busuk, penyebabnya :
    1. kurang bersih nyuci sisa media agarnya, karena itu nutrisi tinggi mudah ditumbuhi jamur
    2. fungisidanya bagaimana, dikasih apa tidak.
    3. perawatannya, mungkin terlalu basah, jadi busuk
    tq.

  9. sebelum saya tanam sudah saya rendam di larutan fungisida selama 15 menit. kemungkinan saya kurang bersih waktu membersihkan sisa media agarnya. thx infonya mas..

  10. Fungisida apa saja yg boleh dipake untuk anggrek yg dari botol

  11. kalau dari botol dosis direndahkan saja dulu dan cari yang tidak terlalu kuat.

  12. Bagaimana caranya menyemai benih anggrek ke dalam media botol? Apakah media tanam agar ini bisa berupa agar2 yg biasa kita konsumsi? Dan bagaimana cara mengeluarkan benih anggrek yg telah tumbuh dari dalam botol? Mohon maaf krn saya awam mengenai tanaman anggrek ini. Terimakasih.

  13. Nama agarnya sama, bentuknya mirip-mirip, tapi isinya beda, kalau media ini ya campuran nutrisi khusus untuk anggrek, sedang cara ngeluarin dari botol entar tak emailsaja ebooknya.

  14. dosis pemberian pupuk untuk perawatan dan pembungaan berapa kali seminggu atau setiap hari?

  15. dua minggu sekali sudah cukup untuk pemupukan, namun harus dalam bentuk cair (disiram)

  16. Sy menanam anggrek dr tempat teman,ada yg sy potong dan ambil batangnya,ada yg cuman diganti medianya (arang & sabut kelapa). Kmd sy smprot pupuk N 6%, P 20%, K 30%, Magnesium 3%. Apakah ini akan brakibat buruk pd anggrek sy ? Mhn solusinya mas,suwun

  17. Tujuan anda pupuk untuk pertumbuhan apa pembungaan, bila untuk pertumbuhan cari yang N nya lebih tinggi demikian sebaliknya bisa untuk pembungaan yang P nya lebih tinggi.

  18. Media agar itu bisa dibuat dri apa saja ya?

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 519 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: