TIPS MEMBELI DAN MEMILIH ANGGREK


Anggrek CatelliaKita tinggal sejenak kelanjutan artikel sebelumnya, media kultur. Supaya pikiran lebih santai, tidak berpikir ilmiah saja. Kali ini saya pilih topik yang ringan. Sehingga energi bisa dipakai lagi untuk nanti melanjutkan media kultur.

Anggrek,… tanaman hias berbunga yang sudah lama dikenal di Indonesia. Bahkan Indonesia merupakan sumber anggrek spesies terbesar didunia. Anggrek merupakan tanaman hias berbunga yang paling banyak peminatnya. Karena bunganya yang indah dan banyak variasinya, mudah didapat dan harga terjangkau, perawatannya mudah. Dengan teknologi silangan (hybrid), dihasilkan beraneka ragam corak bunga anggrek. Sampai ratusan kombinasi warna.

Sebelum menentukan untuk membeli, jenis anggrek apa yang menjadi pilihan, pengetahuan tentang karakter anggrek sangatlah penting. Yang mana, akan berhubungan dengan cara perawatan selanjutnya. Jangan sampai salah pilih. Sehingga mengalami kesulitan dalam perawatan. Anggrek tidak mau tumbuh dengan baik bahkan tidak berbunga. Hal yang perlu juga diperhatikan adalah syarat pertumbuhan dari jenis anggrek yang akan dipilih. Membeli anggrek mau di tempatkan dimana. Didaerah yang panas atau dingin. Karena setiap jenis anggrek mempunyai daerah pertumbuhan yang berbeda, kebutuhan temperatur dan kelembaban yang berbeda pula. Jangan sampai salah membeli,  anggrek bulan (phalaenopsis) ditanam didataran rendah, panas dan kering. Yang mana seharusnya untuk daerah dataran sedang sampai tinggi, yang mempunyai kelembaban yang tinggi. Kesalahan penempatan/daerah penanaman akan mengakibatkan pertumbuhan tanaman anggrek tersebut tidak maksimal dan bunga akan jarang keluar.

Beragam tanaman anggrek dijual dipasaran. Dari umur remaja sampai yang sudah berbunga. Di nurserypun menyediakan dalam jumlah yang besar. Sehingga mudah sekali hobiis untuk mendapatkan tanaman anggrek. Namun untuk mendapatkan tanaman yang berkualitas, dalam arti tanaman sehat dan diharapkan rajin berbunga, tidak asal ambil saja. Secara umum yang perlu dilakukan adalah cari nursery anggrek yang berkualitas. Mempunyai besar tanaman seragam dan perawatannya bagus.

Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan oleh para hobiis, ketika membeli dan memilih tanaman anggrek di pasaran/nursery.

1. Daun berwarna hijau dan segar

          Tanaman anggrek yang sehat daunya berwarna hijau mulus. Tidak ada bintik-bintik hitam bekas serangga atau hangus karena sinar matahari. Daun yang segar menandakan perakaran tanaman sudah bagus, perawatan juga bagus. Sedang daun yang kekuningan dan mungkin sampai layu bisa disebabkan karena serangan jamur. Atau bisa juga tanaman kurang perawatan/penyiraman dan pemupukan.

2. Batangnya gemuk

          Tanaman anggrek dengan perawatan yang bagus, yaitu pemupukan sesuai dosis dan rutin, penyiraman tidak pernah terlambat, akan dihasilkan tanaman dengan batang yang gemuk. Batang gemuk perlu diperhatikan adalah gemuk yang kokoh, bukan gemuk yang lembek. Batang gemuk, tapi tidak kokoh atau lembek, biasanya tanaman dipacu dengan pemupukan N yang tinggi. Hal ini perlu dihindari, karena tanaman akan mudah loyo dan busuk. Tanaman anggrek dengan batang kurus biasanya kurang pemupukan dan penyiraman.

3. Perakaran kokoh

          Tanaman anggrek bila sudah kuat/tidak goyang dipotnya, menandakan bahwa tanaman tersebut sudah kuat perakarannya/banyak akarnya. Hal ini bisa terjadi bila perawatan tanaman tersebut bagus. Tanaman anggrek yang masih goyang dipotnya, menandakan tanaman tersebut belum banyak tumbuh akar. Karena perawatan yang kurang bagus.  Bisa juga baru dipisah dari indukannya. Atau baru ganti pot.

Anggrek sebagai tanaman hias, yang utama dilihat adalah bunganya. Namun demikian bukan berarti batang dan daun tidak diperhatikan. Sebelum berbunga proses pertama adalah pertumbuhan batang dan daun. Bila terjadi keterlambatan pertumbuhan batang dan daun dapat dipastikan anggrek tersebut juga terlambat berbunga, bahkan tidak berbunga sama sekali. Kesatuan dari ketiganya akan tercipta keindahan yang fantastik. Batang yang gemuk dan kokoh, daun tebal hijau segar dan mulus, serta  bunga yang menawan adalah idaman semua hobiis tanaman anggrek.

15 Tanggapan

  1. Artikel yang sungguh bermanfaat, menambah pengetahuan dan bisa saling berbagi.sukses selalu ya.🙂

  2. tambahin dong foto2 anggrek yang katanya banyak yang eksotik itu.
    bagaimana mengatasi bercak2 hitam di daun anggrek? sdh dikasih fungisida kok masih membandel.
    sekarang malah menimbulkan bercak sperti gosong.help me dong…

  3. makasih sudah mampir ke blogku mbak,untuk poto poto anggrek yang eksotis tunggu aja episode selanjutnya, sayang keterangannya kurang lengkap yang kena bercak itu jenis anggrek apa, mungkin aja mama e ancha menyemprotannya cuma satu kali atau dosisnya tidak sesuai yanh tertera dilabel, pada dasarnya bercak bercak itu disebabkan oleh sengatan serangga makanya kalau disemprot pakai fungisida tetap bandel yang benar penemprotannya pakai insektisida secara rutin setiap minggu, kalau anggrek yang ada bercak2nya lebih baik dikarantina biar serangga yang menyerang tidak menerang anggrek yang masih sehat, HIDUP ANGGREK INDONESIA

  4. alangkah baiknya di berikan saran untuk setiap jenis anggrek mengenai cara atau jumlah pupuk,air,pencahayaan,misalnya cattelya media paling baik apa, harus teduh atau terang cahayanya, harus selalu basah/lembab atau kering,dll.

  5. Terimakasih sarannya, nanti akan terbit pada posting selanjutnya. silahkan simak terus

  6. apakah anggrek bulan yang agak layu bisa di segarkan kembali?
    kira2 pake pupuk apa?
    trims

  7. Pada prinsipnya bisa aja, cari dulu penyebab layunya, salah di pemeliharaan atau penyakit. Pupuk bisa digunakan yang mengandung NPK. Simak post tips merawat anggrek bulan, biar lebih jelas.

  8. Saya mau tanya bu, bagaimana kalau bunga anggrek Dendro saya daunnya mulai berwarna kuning. Dibawah pot saya hanya berikan arang yg belum dimasak( apakah arang harus di masak dahulu utk hilangkan bakteri yg ada?) . Terima kasih atas infonya.

  9. Untuk media tanam arang kayu cukup bagus disamping karena porositas juga tidak tertutup rapat, atau antar arang masih ada rongga, karena akar anggrek adalah juga butuh udara. Untuk arang sendiri sebenarnya kansuda dibakar, pastinya jamur ataupun bakteri sudah mati, tinggal penyimpanannya yang bagus, untuk yang daunnya kuning coba dievaluasi temnpat yang sekarang cukup sinar dan udara apa tidak, selamat mencoba….

  10. makasih bt informasi’a,,,

  11. aku pakai arang menanam angrek tapi semut banyak bagaimana mengusir semut hingga tk bersarang dalam pot angrek

  12. Kalau rutin disiram akan pergi sendiri, klo susah pakai insektisida.

  13. trms infonya

  14. Pak,apakah anggrek bulan yang sudah tidak memiliki daun satupun dapat ditumbuhkan lagi?sepertinya anggrek saya ini seperti mati.Tapi,kalau kaya dendro walau sudah pada gugur daunnya,tpi masih bisa tumbuh keiki lagi.Apa anggrek bulan bisa seperti itu?

  15. Anggrek bulan kan masuk monopodial dan tidak berbalp sehingga tidak beranak, asal tangkai tidak kering, masih bisa keluar kuncup dari tangkai tersebut, namun tidak semua jenis a bulan akan seperti itu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: