INDAHNYA DARI TANAMAN HIAS, PELUANG PENGHASIL RUPIAH


Tanaman Hias, disebut demikian karena tanaman tersebut mempunyai daya tarik yang indah. Memikat siapapun Euporbiayang melihatnya. Tanaman hias ada yang berbunga dan tidak berbunga. Daya tarik tanaman dapat dinikmati dari bentuk dan warna bunga, bentuk tajuk yang menawan, buah yang unik, warna daun yang indah atau gabungan keseluruhan.

Di kehidupan modern ini, dengan daya saing yang ketat, kesibukan yang luar biasa. Tekanan mental, tekanan batin, yang menempa setiap hari. Ditambah lagi susahnya menghirup udara yang segar, akibat tebalnya polusi. Stress… kejadian stress sudah merasuki setiap manusia saat ini. Untuk menghindari atau sekedar mengurangi kejadian itu, orang-orang melampiaskannya ke hobi. Salah satunya adalah tanaman hias. Bagi hobiis, mereka rela mengeluarkan jutaan bahkan puluhan juta untuk tanaman hias, sebagai rasa penghilang stress. Untuk kalangan bawah bisanya menikmatinya ditaman-taman kota. Tujuan sama yaitu relaksasi  mengurangi tekanan stress dari kehidupan ini.

Seperti gadis, tanaman hias adalah perlengkapan untuk mempercantik diri. Disemua sudut gedung, perumahan maupun perkantoran, atau dilingkungan kita pasti ada tanaman hias.  Rumah tanpa taman atau pot-pot tanaman hias terasa gersang. Bahkan saat ini gedung perkantoran, rumah sakit, perumahan elit, tidak hanya luarnya saja dihiasi dengan tanaman hias. Dalam ruangpun ditata dengan pot-pot tanaman hias, atau bunga-bunga potong yang dirangkai indah dalam vas. Indah… memang…, indah dipandang juga indah hasil rupiah dari bisnis ini.

Peluang dan ruang, masih cukup besar. Lihat berapa ribu pertumbuhan rumah setiap tahunnya. Juga hobiis yang setiap tahun jumlahnya meningkat. Bahkan sekarang dikota besar sudah menjadi prestise dan gaya hidup, life style. Tinggal bagaimana mengambilnya. Memang ditahun belakangan ini jumlah pemain tanaman hias meningkat tajam. Banyak cerita sukses pelakunya. Meski harus diakui tak sedikit pula jerit pilu pemain yang terjerembab. Di Jawa Timur, bahkan sampai hampir gila, karena mobilnya ikut dimakan hama. Dengan modal  mobil dan ditukar dengan 1 indukan anthurium, dengan maksud bisa beranak pinak dan menghasilkan keuntungan. Tapi yang didapat indukan tersebut mati. Kenapa??. Mereka tidak punya dasar dibidang tersebut. Salah strategi. Bisnisnya hanya ikut-ikutan, atau bisnis latah. Inilah kelemahan para pemain baru. Tidak memperkuat pondasinya, tapi sudah bermimpi dengan keuntungan jutaan rupiah. Pada bunga potong sama halnya. Acara pernikahan, seminar, hotel, sekarang ini dihiasi dengan rangkaian bunga segar. Berapa juta potong pertahunnya untuk acara tersebut yang kian meningkat.

Untuk terjun kedunia ini kita mesti punya minat pada tanaman hias. Terlebih bila punya hobi. Secara bisnis ada tiga katagori, sehingga menyebabkan banyak pemain. Pertama, sekedar menanam, untung sedikit tapi langgeng. Kedua, Usaha lumayan besar tapi belum begitu langgeng/tidak stabil. Ketiga, Pengambilan untung besar-besaran tapi gambling. Tentu semua pemain mengharapkan usaha besar, untung besar dan langgeng.

 Ada tiga hal yang harus dipahami, setidaknya untuk membantu menuju kearah sana.

1. Menentukan jenis tanaman sebagai bisnis utama.

          Ini sangat penting, sehingga bisa fokus pada sistem pemeliharaan dan pasar yang dituju. Berbagai jenis tanaman hias mempunyai system pemeliharaan dan pasar yang berbeda-beda. Dengan berusaha tanaman hias yang beragam jenis, yang juga mempunyai system pemeliharaan berbeda, akan membuat pengelola nursery bingung. Dan pasti membutuhan cost operasional yang lebih tinggi. Disarankan tidak banyak jenis tanaman hias yang dikelola. Juga yang mempunyai kesamaan dalam system pemeliharaan, sehingga cost operasional dapat diminimalkan.

2. Mengetahui dasar pemeliharaan tanaman hias.

          Hal yang juga sangat penting adalah bagaimana menanam, dan merawat tanaman hias yang menjadi bisnisnya. Banyak pemain baru yang rugi besar akibat tanamannya mati karena tidak mengetahui hal yang mendasar ini. Lain tanaman lain juga cara menanam dan merawatnya. Tidak bisa dipaksakan sesuai keinginan penanam. Penanamlah yang harus mengikuti dan menyesuaikan tanaman yang akan ditanam. Tanaman hias dari daerah dingin mempunyai karakteristik yang berbeda dengan asal dari daerah panas, atau juga mempunyai kelembaban yang berbeda. Iklim penyesuaian tersebut yang harus diciptakan untuk kelangsungan hidup dan kualitas produk yang dihasilkan. Sebagai pengelola kebun, harus mengetahui bagaimana budidaya tanaman hias. Bagaimana cara perkembangbiakannya; dengan biji, stek atau bisa dengan kultur jaringan. Bagaimana cara membesarkan, merawat dan menjualnya.

3. Mengetahui strategi pemasaran tanaman hias.

     Pasar tanaman hias sangat luas dari kalangan bawah sampai atas, mempunyai pangsa pasar yang berbeda-beda. Hobiis pemula biasanya baru tahap pembelajaran dan pengenalan mencari tanaman hias yang tidak terlalu mahal. Tapi pemula yang dilingkungan prestisius, adu gengsi, harga berapapun (mahal) asal dia suka diambilnya, walaupun dia belum tahu seluk beluk tanaman hias tersebut. Pada dasarnya strateginya berhubungan erat dengan pilihan jenis tanaman sebagai bisnis utama dan tren yang muncul. Pemasaran tanaman hias bisa berupa bibit (biji), tanaman anakan dan tanaman dewasa. Sewa tanaman hias, bisa sebagai alternatif. Perkantoran, Rumah sakit, Acara pernikahan maupun seminar sudah banyak memanfaatkan jasa sewa ini.

Tanaman hias memang memberikan keindahan, dari segi tanaman juga hasil yang diperolehnya. Itu bagi yang berhasil. Tidak sedikit yang gagal dari tanaman hias. Semua usaha menanggung resiko. Resiko tidak bisa dihindari, semakin banyak pelakunya, semakin besar daya saingnya, semakin besar resikonya. Setidaknya dengan 3 dasar pemahaman diatas, resiko yang ada pada tanaman hias dapat diminimalkan.

Tulisan ini memberikan gambaran betapa luasnya ruang lingkup bisnis tanaman hias dan dasar pemahaman bagi pelaku maupun yang akan menjadi pelaku tanaman hias. Semoga bermanfaat…

3 Tanggapan

  1. […] besar. Dan tidak sedikit yang telah mendapatkan kenangan pahit. Cari kesempatan peluang yang ada. Tanaman hias mempunyai peluang yang masih besar. Jangan larut dan terpuruk. Rawat kembali anthurium sisa yang ada dan pelihara dengan baik, bahkan […]

  2. thx bwt bacaannya ,
    membantu skli nih

  3. Terima kasih, siip bisnisnya, sangat-sangat specifik. Sukses selalu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: