TANAMAN HIAS DAN ANGGREK, KAPAN SAAT YANG TEPAT MENGGANTI POT (REPOTTING)


sansevieraTanaman yang langsung ditanam di tanah mempunyai keleluasaan dalam pertumbuhannya. Pertumbuhan akarnya bebas sejauh kemampuannya. Mediapun tanpa batas dan pengambilan unsur harapun maksimal. Namun keindahan tanaman hias yang lansung ditanah tersebut, tidak bisa kita nikmati dalam ruang. Tidak bisa kita pindah-pindah sesuai selera. Mempunyai keterbatasan gerak. Hanya bisa dinikmati keindahanya ditempatnya tersebut. Beda dengan tanaman hias yang ditanam dalam pot. Dimana kita bisa atur dimanapun letaknya. Sebagai tanaman indor, bisa kita tempatkan pada ruang tamu, ruang keluarga, kamar, dan bebas dimana saja, dimana kita akan menikmati keindahannya.

Namun sebagai tanaman pot, tanaman hias tersebut mempunyai keterbatasan. Media terbatas hanya seukuran pot yang dipakai. Ketersediaan unsur hara tergantung kita. Sehingga apabila ingin tanaman hias dalam pot tersebut tumbuh dengan baik, diperlukan perawatan khusus yang intensif. Salah satunya adalah mengganti pot, Repotting. Ini harus dilakukan secara berkala. Tujuannya adalah menambah dan atau mengganti media tanam baru, untuk menyediakan unsur hara. Sehingga bertumbuhan akar akan lebih baik. Tumbuh tajuk baru, tumbuh anakan baru dan tanaman akan tampak lebih segar dan indah.

Penggantian pot pada tanaman hias atau anggrek harus tepat waktu. Bila terlambat harus dibayar mahal. Sebagai anggrek bulan pinkresiko tanaman tersebut mengalamai keterlambatan pertumbuhan, bahkan bisa mengalami kematian. Sayangkan…. bila tanaman hias tersebut berharga mahal. Kapan yang tepat untuk mengganti pot..? Para hobiis atau menyuka tanaman hias maupun anggrek harus jeli. Setiap saat harus tahu dan mengamati tanaman kesukaan tersebut. Mengamati tanda-tanda yang terjadi dengan tanamannya. Termasuk tanda-tanda tanamannya yang minta ganti pot. Ada beberapa tanda saat tanaman hias tersebut harus dilakukan repotting. Pertama amati apakah daun-daun yang baru keluar lebih kecil dengan sebelumnya. Kedua, pertumbuhan akar bermunculan diatas permukaan media tanam atau keluar dari lubang dasar pot. Dan ketiga, daun-daun menjadi layu, walaupun cukup air. Dan untuk tanaman hias majemuk, anggrek dendrobium, oncidium, catleya dan lainnya serta tanaman hias spatiphylum, aglaonema, sanseviera dan lainnya, bila tanaman tersebut sudah memenuhi luasan pot.

Bila keadaannya demikian, cepat siapkan media tanam yang baru dan pot, lakukan penggantian pot. Sehingga tanaman hias tersebut segar kembali. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan sehubungan dengan penggantian pot ini.

  1. Untuk penggantian pot gunakan ukuran pot yang lebih besar dari sebelumnya, hal ini memungkinkan tanaman akan tumbuh lebih besar, pertumbuhan akar akan lebih leluasa dan lebih banyak. Juga untuk menambah ketersediaan unsur hara dalam pot tersebut. Besarnya pot disesuakan dengan besar tanaman hias, utuk mendapatkan keserasian antara pot dan tanamannya.
  2. Hati-hati dengan perakaran tanaman. Jaga agar akar tanaman tidak rusak. Pemangkasan akar dapat dilakukan dengan hati-hati untuk akar-akar yang sudah mati/busuk.
  3. Untuk tanaman hias majemuk, anakannya dapat dikurangi untuk dipindah tanamkan/dibiakkan. Kerimbunan tanaman disesuaikan dengan besarnya pot, untuk mendapat keserasian dan keindahan.
  4. Pada dasar pot yang baru letakkan pecahan batu bata, genteng atau sterofom, ukuran sedang, untuk memperlancar pembuangan kelebihan air dan menghambat kehilangan media tanam melalui lubang dasar pot.
  5. Cara tanam sbb: Siapkan pot yang lebih besar, dasar pot letakkan pecahan batu bata, genteng atau sterofom, taburi media tanam diatasnya sampai seperempat tinggi pot, masukkan tanaman hias, isi media tanam baru, siram tanaman dengan air sampai medianya basah, letakkan ditempat yang teduh kurang lebih satu minggu.

Para hobiis, untuk media tanam pot plan akan lebih baik digunakan media yang ringan, sehingga tanaman hias tersebut mudah untuk dipindah-pindah. Media tanam yang ringan seperti arang sekam, kokopit, sekam, cacahan pakis. Media tersebut dicampur dengan kompos dengan perbandingan 2 : 1. Pada dasarnya penggantian pot ini untuk memberikan pertumbuhan tanaman lebih bagus dengan penambahan media tanam dan unsur hara baru. Sehingga didapatkan tanaman yang tumbuh segar dan indah. Dan perlu diingat bahwa menanam tanaman hias adalah untuk dinikmati keindahannya. Selamat mencoba…!!!

7 Tanggapan

  1. […] penampung media tanam. Untuk tanaman anggrek pot juga berfungsi untuk melekatnya akar-akar tanaman. Pemilihan pot yang tepat akan memberikan pertumbuhan tanaman anggrek yang baik. Pemilihan pot untuk anggrek bukan berdasarkan […]

  2. […] benar, pertumbuhan baik, tiba saat yang tepat mengeluarkan bibit tesebut dari dalam botol. Kemudian dipindah tanamkan ke pot. Untuk kedua golongan anggrek monopodial dan sympodial tahap pertama pengeluaran dari dalam botol […]

  3. […] sehat. Bila makin keatas ukuran daun kecil ada bebarapa kemungkinan. Tanaman hias tersebut baru di repotting. Aglaonema tersebut baru berbunga, atau terkena serangan hama dan juga mungkin perakarannya […]

  4. […] Repotting atau penggantian pot bisa dilakukan 1 sampai 2 tahun sekali. Tujuannya mengganti media untuk mempertahankan keasaman media. Anggrek cattleya membutuhkan tingkat keasaman (PH) normal, sekitar 7. […]

  5. […] pot tidak ada waktu yang pasti. Kejelian pengamatan sehari-hari sangat diperlukan. Adapun tandanya saat yang tepat melakukan penggantian pot adalah […]

  6. apakah boleh mengganti pot anggrek yang sedang berbunga

  7. Ditunggu saja bunganya habis, sayang, biasanya tanaman akan terganggu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: