Tips Memilih 4 jenis Tanaman Aglaonema yang sesuai dengan lingkungan anda


snow white (2)

wOw — Setiap jenis tanaman aglaonema mempunyai lingkungan hidup yang berbeda-beda. Jenis tanaman Aglaonema tertentu membutuhkan tempat hidup tertentu pula untuk kelangsungan hidupnya. Untuk tumbuh dengan normal dan berkualitas, tanaman aglaonema mempunyai persyaratan tumbuh sesuai dengan nenek moyang induk silangannya. Bila tidak sesuai akan mengalami gangguan pertumbuhan. Sebelum memutuskan membeli Aglaonema, cek dulu kondisi lingkungan untuk penempatannya. Jangan sampai menyesal, mengingat jenis tanaman hias ini harganya masih mahal.

Tanaman Aglaonema mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Hal ini harus dipahami dahulu. Tidak hanya tanaman aglaonema saja, tanaman hias lainnya dan anggrekpun mempunyai hal yang sama. Masing-masing jenis mempunyai keunggulan dan kelemahan, juga menampilkan keindahan yang berbeda. Untuk para hobiis pemula, disarankan memilih jenis aglaonema yang mudah perawatannya. Berdaun tebal, cepat beranak dan rimbun, tahan terhadap serangan hama dan penyakit.

Sifat dan karakter tanaman aglaonema didasarkan atas warna daun. Dimana dibedakan menjadi 4 jenis warna.

1.    Aglaonema Hijau

Aglaonema ini berdaun warna dominan hijau, mempunyai daun relatif tebal. Tahan terhadap guyuran air hujan. Daya tahan terhadap hama dan penyakit kuat dan bandel. Mempunyai pertumbuhan yang cepat. Dan cepat beranak. Jumlah anakan banyak. Yang masuk aglaonema hijau : madam suroyo, Kresna, lipstik, adelia, esmeralda, evita, nina, jetayu.

2.    Aglaonema Merah

Warna daun dominan merah, daun relatif tipis. Aglaonema ini lebih manja, lebih rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Bila lingkungan pertumbuhannya tidak sesuai dengan yang diinginkan. Pertumbuhan anakan lambat. Dan anakan sedikit. Yang masuk aglaonema merah : red cochin, pride of sumatra, putri, red mascot, red jewelery, red wine, super red.

3.    Aglaonema Corak

Aglaonema ini mempunyai warna daun kombinasi hijau dan merah. Mempunyai sifat perpaduan antara aglaonema hijau dan merah. Termasuk aglaonema yang mudah perawatannya. Lumayan tahan terhadap serangan hama dan penyakit dan bandel. Cepat beranak dan anakan cukup banyak, walaupun tidak sebanyak aglaonema hijau. Yang masuk aglaonema corak : Aditya, audry, ariana, dolores, diana, donna carmen, harlequin, hot lady, sexy pink, jelita, tiara, widuri.

4.    Aglaonema Putih

Warna putih dominan pada daun aglaonema ini. Pola warnanya adalah putih berbintik-bintik atau loreng hijau. Daunnya lebar dan tipis. Kurang tahan panas, penempatan sebaiknya ditempat teduh. Anakan lambat tumbuh. Yang termasuk aglaonema putih : snow white, hujan es, kipas, morodoklo, yellow erown, white beauty.

Dari 4 jenis aglaonema tersebut, masing-masing mempunyai sifat dan karakter yang berbeda. Namun tetap menampilkan keindahan yang menawan. Mudah-mudahan dapat membantu para hobiis dalam menentukan pilihannya, terhadap tanaman hias si ratu daun ini.

3 respons untuk ‘Tips Memilih 4 jenis Tanaman Aglaonema yang sesuai dengan lingkungan anda

Komentar