Tips Merawat Anggrek Cattleya Tumbuh Baik Dan Rajin Berbunga


Anggrek Cattleya sering disebut dengan Queen of Orchid. Memang pantas, anggrek cattleya sebagai ratunya Cattleya Merahanggrek. Dimana ukuran diameter bunganya bisa mencapai 15 cm. Keindahan bunganya sangat mempesona, dengan kombinasi warna-warna yang mencolok. Anggrek cattleya ada yang tahan hidup didaerah panas dan ada yang tahan hidup didaerah dingin. Yang hidup didaerah dingin mempunyai ukuran bunga lebih besar dari cattleya yang hidup didaerah panas.

Anggrek cattleya seperti dendrobium. Masuk golongan berbatang simpodial. Dimana pertumbuhan ujung-ujung batangnya terbatas. Membentuk rumpun dari tunas-tunas anakan. Cattleya mempunyai pola tumbuh horisontal, seperti tumbuhan merambat. Batang tumbuhnya disebut rhizome. Anggrek cattleya merupakan anggrek simpodial yang pseudobulbnya berbentuk batang, dengan tangkai bunga muncul pada ujung batangnya.

Bermacam cattleya mempunyai kemampuan berbunga yang berbeda. Hal ini dapat dilihat dari bentuk daunnya. Bila daunnya lebar dan pendek menandakan anggrek cattleya tersebut rajin berbunga. Dan sebaliknya bila daunnya sempit dan panjang menandakan anggrek cattleya tersebut malas berbunga. Disamping itu untuk membuat anggrek cattleya tampil menarik dan rajin berbunga, ada beberapa hal yang harus diperhatikan :

  1. Kebutuhan intensitas matahari hanya 30 – 50 %, selebihnya tanaman tersebut harus diberi naungan, dari paranet. Anggrek cattleya ini akan tumbuh dengan baik, dengan kisaran temperatur 15 ~ 35O C. Dan kelembaban 50 – 80 %.
  2. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari. Pagi jam 07.00 ~ 09.00 dan sore hari jam 15.00 ~ 17.00. Bila mendung jangan dilakukan penyiraman, untuk menjaga agar media tidak terlalu basah, akibat penguapan yang lambat.
  3. Supaya anggrek cattleya cepat berbunga, pisahkan rumpun yang terlalu rapat. Berikan pupuk penyubur dan perangsang bunga, seminggu sekali bergiliran.
  4. Repotting atau penggantian pot bisa dilakukan 1 sampai 2 tahun sekali. Tujuannya mengganti media untuk mempertahankan keasaman media. Anggrek cattleya membutuhkan tingkat keasaman (PH) normal, sekitar 7.
  5. Untuk mencegah hama dan penyakit, lakukan peyemprotan insektisida, fungisida dan bakterisida secara rutin seminggu sekali.
  6. Pemupukan dengan pupuk NPK yang dilarutkan kedalam air dan disiramkan. Dan bisa ditambahkan pupuk daun cair. Interval pemupukan adalah 2 minggu sekali.

Kegagalan hobiis dalam pemeliharaan anggrek cattleya biasanya pada pembatasan intensitas matahari. Sehingga tanamannya kering, walaupun tumbuh, hidup tapi tidak mau berbunga. Para hobiis anggrek cattleya, yang mempunyai masalah dengan tanamannya, coba cek ulang dan sesuaikan dengan 6 point diatas. Semoga sukses dan selamat mencoba…!!!!

5 Tanggapan

  1. […] bercak daun (leafspot). Disebut juga bacterium cattleya, karena sangat berbahaya pada tanaman anggrek cattleya. Tapi juga menyerang phalaenopsis dan kadang-kadang pada dendrobium serta paphiopedilum. Bakteri […]

  2. […] tanaman anggrek. Ada jenis anggrek yang tidak tahan terhadap cahaya matahari langsung, misalnya Cattleya, Dendrobium atau Phalaenopsis. Namun bila cahaya matahari kurang, daun tanaman menjadi berwarna […]

  3. Bisa ngak bunga anggrek dibuat di bawah naungan teras rumah?

  4. Bisa saja namun bunga tidak semaksimal dinaungan paranet

  5. […] bercak daun (leafspot). Disebut juga bacterium cattleya, karena sangat berbahaya pada tanaman anggrek cattleya. Tapi juga menyerang phalaenopsis dan kadang-kadang pada dendrobium serta paphiopedilum. Bakteri […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: