Tips Merawat Anggrek Oncidium Cepat & Rajin Berbunga


oncidium coklatOncidium adalah anggrek simpodial, yang mempunyai batang lunak, sebagai penyimpan air. Anggrek oncidium, mudah sekali diperbanyak. Dimana perkembangan anaknya sangat cepat. Perbanyakan dengan cara split, atau pemisahan anakan. Golden Shower adalah jenis anggrek oncidium yang paling dikenal.

Dengan tehnik hibrida saat ini perkembangan anggrek oncidium semakin variatif. Kombinasi warna semakin banyak, ukuran bungapun dari mini oncidium sampai maxi. Oncidium lebih cocok didaerah dataran rendah. Membutuhkan intensitas sinar matahari yang lebih banyak. Pemeliharaan anggrek oncidium hampir sama dengan dendrobium. Tidak rumit. Untuk membuat anggrek oncidium cepat dan rajin berbunga, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan :

  1. Kebutuhan intensitas matahari lebih banyak 60 – 75 %. Diperlukan naungan dengan paranet agar intensitas matahari sesuai dengan kebutuhan. Anggrek oncidium menyukai kelembaban 50 %. Dengan temperatur yang cocok 28 ~ 32OC.
  2. Sebaiknya menggunakan pot tanah dan media arang untuk mendapatkan kelembaban yang pas.
  3. Penyiraman dilakukan 2 kali sehari. Pagi jam 09.00 dan sore hari jam 15.00.
  4. Untuk mencegah serangan hama dan penyakit, lakukan penyemprotan insektisida, fungisida dan bakterisida, secara rutin. Lakukan satu minggu sekali dan semprotkan sore hari.
  5. Pemupukan bisa diberikan NPK. Dan berikan dua minggu sekali dengan cara disiramkan. Pemupukan ini bisa dikombinasikan dengan pupuk daun cair dengan cara di semprotkan keseluruh tanaman.
  6. Untuk mempercepat pembungaan semprotkan hormon giberelin dengan dosis 1 – 2 mg/liter air.

Untuk mendapatkan anggrek oncidium dengan pertumbuhan baik, cepat dan rajin berbunga, ke enam hal diatas adalah mutlak dilakukan. Oncidium dengan bunga yang semarak merupakan idaman para hobiis anggrek ini. Untuk mendapatkan bunga oncidium lebih tahan, sebaiknya saat berbunga bisa disiram dengan larutan gula 3 gr/liter air. Para hobiis angrek oncidium, yang mempunyai masalah dengan koleksinya atau koleksinya tidak mau berbunga, bisa dicoba…

2 Tanggapan

  1. berpakali anggrek onchidium mampu berbunga selama sklus hidupnya dan zpt apa yang hrs diberkan dan brp kali

  2. Kalau masalah bunga berbunga tergantung kita yang merawat dan yang membuat bunga, berapa kali ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: