Anggrek Hybrid, Hasil persilangan dua jenis anggrek


Pada dasarnya hanya ada 2 golongan besar anggrek yaitu   Anggrek  Species atau anggrek alam. Jenis anggrek ini diperoleh langsung dari habitat aslinya dihutan. Kemudian dibudidayakan seperti kondisi aslinya. Pembiakannyapun dikawinkan dengan sesama jenisnya atau pada bunganya sendiri (self). Yang kedua adalah Anggrek Hybrid. Anggrek ini dihasilkan dari hasil persilangan dua jenis anggrek yang berlainan. Namun demikian masih mempunyai hubungan genetik yang dekat.

Tujuan pembuatan anggrek hybrid adalah untuk mendapatkan sifat-sifat yang terbaik dari dua species yang disilangkan. Untuk memperoleh kombinasi warna, bentuk, ukuran maupun jumlah bunga yang diinginkan. Persilangan ini juga untuk mendapadatkan tanaman yang lemah menjadi kuat pertumbuhannya, tanaman yang jarang berbunga menjadi rajin berbunga. Untuk mendapatkan anggrek hybrid yang berkualitas, tahapan penyilangan ini perlu mendapat perhatian. Beberapah hal yang harus dikuasai dalam penyilangan anggrek sebagai berikut :

  1. Untuk memperoleh hasil seperti apa yang diharapkan yaitu warna dan bentuk bunga, maka penyilang harus memahami sifat-sifat kedua induk yang akan disilangkan.
  2. Sebagai induk betina sebaiknya pilih induk yang mempunyai bunga yang kuat, tidak cepat layu atau gugur.
  3. Untuk disilangkan pilih kuntum bunga yang masih segar atau telah membuka penuh.
  4. Penyilangan sebaiknya dilakukan pada pagi hari, setelah dilakukan penyiraman dan dengan cuaca agak kering.

Cara menyilangkan anggrek untuk membuat anggrek hybrid adalah gampang dan sederhana. Prinsipnya adalah dengan mengambil pollinia atau pollinaria atau tepung sari dari jenis anggrek dimasukkan kedalam stigma atau lubang putik bunga jenis anggrek lain yang telah masak. Proses ini dinamankan penyerbukan. Tehnik penyerbukan pada anggrek lebih sederhana dibandingkan dengan bunga lainnya. Karena pollinia pada anggrek merupakan masa yang kompak, sehingga mudah dipindahkan.

Langkah-langkah dalam melakukan penyilangan sebagaiberikut :

  • Buka ujung coloumn bunga, sehingga akan terlihat didalamnya pollinia berwarna kuning.
  • Ambil pollinia tersebut dengan hati-hati menggunakan lidi/tusuk gigi/pinset.
  • Masukan pollinia tersebut kedalam stigma atau kepala putik.
  • Beberapa hari kemudian bunga yang diserbuki tersebut akan layu dan muncul bakal buah. Buah anggrek hasil silangan tersebut akan masak setelah tiga sampai enam bulan. Ditandai dengan perubahan warna buah dari hijau menjadi hijau kekuningan. Buah anggrek tersebut berisi ribuan biji anggrek yang akan menghasilkan tanaman baru hasil silangan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi berhasil atau tidaknya penyerbukan yang dilakukan pada penyilangan anggrek adalah :

  1. Induk betina yang digunakan harus sehat, bila tidak maka biji yang dihasilkan tidak bisa tumbuh sampai tingkat pemasakan biji, atau biji tidak sanggup untuk berkecambah.
  2. Induk jantan yang digunakan juga harus sehat, sehingga pollinia yang dihasilkan berkualitas baik.
  3. Sebaiknya pollinia yang disilangkan bukan hasil pollinia simpanan, tapi diambil langsung saat akan menyilangkan.
  4. Sebaiknya persilangan dengan menggunakan dua jenis tanaman anggrek yang mempunyai hubungan genetis yang dekat.
  5. Apabila melakukan penyilangan pada waktu musim hujan, sebaiknya setelah melakukan penyilangan, selama 10 hari bunga yang dikawainkan ditutup kantong plastik. Hal ini dilakukan bagi yang tidak memakai peneduh atau green hose.
  6. Temperatur yang terlalu tinggi atau rendah akan menyebabkan kegagalan dalam penyerbukan.

Bagaimana dengan anda para hobiis anggrek. Sudahkah anda mencoba menghasilkan jenis-jenis anggrek baru sesuai selera sendiri. Atau anda belum tahu caranya. Mudah-mudahan sedikit post diatas dapat membantu anda yang ingin mencoba menyilangkan anggrek untuk mendapatkan jenis-jenis baru sesuai selera sendiri. Selamat Mencoba…..

6 Tanggapan

  1. […] Anggrek Hybrid, Hasil persilangan dua jenis anggrek […]

  2. […] Anggrek Hybrid, Hasil persilangan dua jenis anggrek […]

  3. Artikel yang bagus dan sangat bermanfaat,saya juga penyuka anggrek namun masih sebatas hobbie biasa,terus kerja hebat anda.Thanks

  4. […] Anggrek Hybrid, Hasil persilangan dua jenis anggrek […]

  5. mohon infonya , anggrek Cattleya Bc. Mound Hood Marry dengan Cattleya Blc. Mound Hood Marry apakah sama? mohon informasi kedua tetua persilangan tersebut , terimakasih

  6. Hello everybody, here every person is sharing these know-how, so it’s pleasant to read this website, and I used to go to see this website all the time.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: