Tips Pemilihan Bibit Anggrek Dalam Botol


Pemilihan bibit anggrek yang tepat memang sangat diperlukan. Kesalahan dalam memilih bibit anggrek akan berakibat pada tidak maksimalnya pertumbuhan. Bibit anggrek adalah sebagai faktor utama dalam budidaya anggrek, yang mana sangat menentukan baik tidaknya kualitas anggrek yang ditanam. Bibit anggrek dalam botol merupakan cara pembiakan tanaman anggrek secara masal yang selama ini dilakukan. Secara kualitas bibit anggrek dalam botol ditentukan oleh penyilang dan produksennya. Diantaranya pengalaman menyilangkan indukan untuk mendapatkan hibrida yang baik, media tanam kultur, dan proses  pembiakan didalam botol.

Bibit anggrek dalam botol masih berupa tanaman kecil yang halus. Dengan daun 2 – 4 helai dan akar masih berupa akar halus. Bibit ini mempunyai resiko kematian yang tinggi saat dipindah tanamkan ke pot. Pembudidaya anggrek tujuan komersial, kebanyakan memilih bibit dalam botol. Mengingat harganya relatif murah, dengan rata-rata 25 bibit per botol. Namun diperlukan kesabaran, ketelitian, fokus dan butuh waktu sampai tanaman berbunga. Biasanya penanaman dari bibit botolan dilakukan secara bertahap, sehingga sepanjang tahun akan didapatkan tanaman berbunga yang siap jual.

Hobiis anggrek yang ingin menanam anggrek dari bibit anggrek dalam botol, harus mengetahui bagaimana proses pengeluaran bibit tersebut dari botol. Sehingga diperoleh tingkat keberhasilan yang cukup tinggi. Untuk itu hobiis anggrek dapat download ebook cara buka botol di box download di wawaorchid halaman pertama sisi kanan bagian bawah (klik box, kemudian klik download). Anda bisa pelajari dan dipraktekkan langsung sesuai pengalaman yang selama ini dilakukan oleh wawa orchid. Namun demikian ada hal-hal yang harus diperhatikan atau dicermati saat membeli bibit anggrek dalam botol :

  1. Mengetahui kedua tanaman induknya. Asal usul, sifat dan tabiatnya serta tahu kelemahan dan keunggulannya. Sehingga akan dapat diperkirakan warna, bentuk dan ukuran bunga, serta kualitas dari anakan tesebut.
  2. Pilih bibit anggrek dalam botol yang sudah siap dikeluarkan. Sehingga mempunyai resiko kontaminasi yang kecil. Dan tingkat keberhasilan tumbuh cukup tinggi.
  3. Pilih bibit anggrek yang ada dalam botol dengan pertumbuhan seragam, warna daun hijau segar, tidak ada bibit yang mati. Perlu juga diperhatikan kebersihan botol dan  media kultur tidak terkontaminasi.
  4. Perlunya diyakini bonafiditas dari penyilang atau produksennya. Hal ini berhubungan dengan kualitas bibit yang dihasilkan. Mengingat proses pembibitan dalam botol memerlukan persemaian yang bertingkat, dimana semakin banyak tingkatannya semakin menurun secara kualitas.

Empat tips tersebut bisa digunakan untuk pedoman bila ingin melakukan pembibitan dari bibit botolan. Namun demikian bibit dalam botol yang berkualitas bagus tanpa didukung oleh menejemen pemeliharaan selanjutnya akan sia-sia. Saat buka botol adalah saat kritis tanaman anggrek. Keberhasilan dalam tahapan buka botol akan memberikan keberhasilan pemeliharaan selanjutnya. Selamat mencoba……..!!!

20 Tanggapan

  1. pak, saya hobiis anggrek tp pemula, ttg anggrek bulan sy yang ditempel di pohon sekali berbunga begitu rontok langsung batang bunga bercabang dan berbunga lagi, hingga ahirnya bunga habis dari tangkainya jadilah seperti buah bentuknya panjang dan saya pikir mungkin didalammya ada biji, pertanyaan saya harus dibagaimanakan biji tersebut apakah kirangnya bisa dikembangbiakan menjadi bakal anak anggrek? bagaimana caranya? tks

  2. Memang anggrek bulan mempunyai sifat seperti itu bunganya bisa bercabang dan berbunga lagi. Kalau benar anggrek anda berwarna putih itu phalaenopsis amabilis. Jenis anggrek alam yang bisa membuahi sendiri, karena untuk hibrid susuah kalau tidak dibantu disilangkan. Bulat lonjong itu memang buahnya, tunggu matang baru bisa di biakkan. sekitar 4 – 6 bulan. Untuk pembiakan agak ribet. Bijinya yang kecil (mata tidak tampak) mudah terbang dibawa angin. Pembiakannya harus masuk lab dengan media kultur. Kalau anda tertarik mau membiakkan bisa anda bawa ke lab, mungkin didaerah anda ada lab pembiakan anggrek.

  3. ass, pak sy berniat akan membudidayakan anggrek untuk tujuan komersial , anggrek jenis apa yg laku di pasaran , dimana sy bisa beli bibit anggrek daerah bekasi , mohon bimbingannya , saya masih nol besar soal anggrek , trims

  4. Untuk anggrek hibrida yang pasarnya lebih luas, karena bunganya beraneka ragam, ada dendrobium, anggrek bulan, cattleya, tapi untuk daerah bekasi yang lebih cocok dendrobium dan oncidium. Untuk bibit bisa cari di Jakarta ada atau di Bandung. terima kasih.

  5. pak, sy ibu rmh tangga suka anggrek , tp pengetauan ttg anggrek minim. gmn caranya u dapat bibit anggrek, plus pupuk sy domisili di parepare sul-sel

  6. Selamat siang Ibu Ros, kalau ibu cari bibit anggrek hybrid, pusatnya memang dijawa, tapi untuk anggrek speci/hutan di sulsel sendiri gudangnya. Kalau di pare-pare atau makasar mungkin, pekebun anggrek biasanya jual bibit botolan. Tapi kalau belum ada, kalau mau impor dari jawa, kami bisa bantu. terima kasih

  7. Mas, sy mau tanya. Kenapa ya dendro sy banyak yg gagal bunga (gagal mekarnya) ? Apakah memindahkan dendro yg sedang muncul calon bunganya dr satu tempat ke tempat lainnya yg hanya berjarak kurang lebih 10 meter akan berpengaruh ?

  8. Saya pikir kalau hanya pindah tempat saja tidak masalah, ganti pot saja tidak apa2, coba cek mungkin ada masalah fisiologis, penyiramannya, pemupukannya bagaimana atau ada hama trip yang menghisap tangkai bunga.

  9. boelh juga nih,
    kapan2 bisa dah di coba

  10. sy hobi anggrek dan ingin mencoba menanam bibit botolan..ini pengalaman pertama sy pak,, kalau baru ditanam bibitnya apakah perlu dikasih pupuk atau vitamin,, Klo iya pupuk apa yg bagus.. mkasih

  11. Untuk bibit yang baru dikeluarkan dari botol belum perlu dipupuk, cukup spray dengan air jika kelembaban rendah, atau panas sekali.

  12. anggrek yang mudah ditanam di pot itu anggrek jenis apa ya mas? trus ada bibitnya gak? brapa kira 2 per bibitnya?

  13. Anda tinggal dimana ya….daerahnya dingin apa panas, karena setiap jenis anggrek punya daerah hidup yang berbeda, kalau yang gampang dipelihara sih anggrek dendrobium, untuk bibit banyak dijual di penjual tanaan hias. Saran saja kalau anda pemula beli yang suda berbunga, atau siap berbunga. entar kalau anda beli yang bibit kecil, jadi bosan karena lama berbunganya. Tapi kalau sudah berbunga akan berbunga terus.

  14. salam kenal…,
    saya suka sekali anggrek, tp blom pernah mencoba menanamny, dan saat ini sangat ingin memulai, saya berencana membeli bibit botolan dan bibit remaja, saya tinggal di duri, riau, yg cuacany cukup panas, kira2 jenis anggrek apa yg cocok utk pemula seprti saya dgn kondisi cuaca yg cendrung panas???
    terimakasih infony…

  15. Untuk cuaca panas seperti riau, yang paling cocok anggrek dendro, tapi tetap harus ditambah naungan, dan kalau kelembaban kurang bantu dengan spray air.

  16. minta alamat penjualan anggrek botol

  17. Hub Wawan 08125200146 atau 087756779687

  18. saya sangat suka anggrek, saya masih pemula. saya ingin membeli bibit . saya tinggal di Sibolga sumatra utara, suhu ditempat kami cukup panas. apa jenis anggrek yang cocok untuk daerah kami dan dimana saya saya bisa mendapatkan bibitnya?

  19. Kalau daerah panas yang cocok anggrek dendrobium, banyak yang jual, memang para grower dan pembibit banyak diJawa, kalau Sumatera mungkin di Medan ada. tq

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: