Tips memelihara Aglaonema tampil prima, indah dan menawan


Penampilan Aglaonema yang indah menawan menjadi dambaan hobiis. Selain rasa kepuasan batin juga kebanggaan. Aglaonema bagus ditandai dengan pertumbuhan yang sehat, daun mulus dan mengkilap, warna dan corak menonjol serta kompak. Sebagai tanaman hias daun, aglaonema memang harus memamerkan kemolekkannya.

Untuk mendapatkan penampilan yang menawan perlunya perawatan yang intensif. Dimana syarat-syarat perawatan harus dijalankan dengan benar dan sungguh-sungguh. Siratu daun, sebutan untuk aglaonema ini, akan memberikan penampilan tebaiknya bila persyaratan pertumbuhannya telah terpenuhi. Termasuk lokasi, tempeatur, kelembaban dan perawatan rutin lainnya.

Beberapa tips dibawah ini dapat membantu Anda hobiis aglaonema mendapatkan pertumbuhan aglaonema dengan penampilan cantik dan menawan. Disamping pemilihan tanaman dengan kondisi sehat tentunya.

1. Tempat Pemeliharaan

Tempat yang ideal untuk pertumbuhan aglaonema pada ketinggian 300 – 400 m diatas permukaan laut (dpl). Pada tempat yang ideal ini akan dihasilkan tanaman aglaonema yang tumbuh tegap, daun tebal, warna dan corak lebih mencolok.

2. Temperatur

Temperatur optimal yang dibutuhkan aglaonema untuk pertumbuhan terbaiknya adalah 28 ~ 30 OC siang hari dan 20 ~ 22 OC pada malam hari. Temperatur yang terlalu tinggi akan menyebabkan daun tipis dan warnanya menjadi pucat dan pudar. Perubahan temperatur yang ekstrem menyebabkan tanaman aglaonema stress dan pertumbuhan akan terganggu.

3. Kelembaban

Kelembaban 50 ~ 75% cocok untuk pertumbuhan aglaonema. Pada kisaran kelembaban ini tanaman akan tumbuh baik dan daunnya segar. Kelembaban lebih rendah akan menyebabkan daun pucat dan layu. Sedang kelembaban yang lebih tinggi akan memicu munculnya beragam penyakit, terutama jamur.

4. Pencahayaan

Sesuai habitat aslinya aglaonema menyukai tempat yang teduh. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan hanya 10 ~ 30%. Untuk itu aglaonema sangat cocok untuk tanaman hias indoor. Untuk mendapatkan pencahayaan tersebut bisa dipasang paranet 75 ~ 85%.

5. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara sangat membantu proses penguapan, terutama saat musim hujan. Sehingga kelembaban lingkungan tetap terjaga. Sisrkulasi udara yang jelek, dapat menyebabkan tertanggunya proses penyerapan hara. Akibatnya pertumbuhan tanaman juga terganggu.

6. Media tanam

Media tanam yang bagus untuk aglaonema yaitu media tanam yang porous dan tidak tergenang air. Yang bisa digunakan adalah campuran; sekam bakar, coco peat, pakis, pasir malang, kompos. Komposisi media sangat tergantung dari ketinggian lokasi dan kelembaban.

7. Penyiraman

Frekuensi dan dosis penyiraman disesuaikan dengan kondisi media dan lingkungn setempat. Lakukan penyiraman dengan air yang cukup, namun tidak menggenangi media. Bila kekurangan air pertumbuhan tanaman terhambat dan juga mengurangi jumlah anakan.

8. Pemupukan

Kebutuhan nutrisi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan. Berikan pupuk dengan kandungan N-P-K yang berimbang. Dengan cara dilarutankan dalam air lalu disiramkan.  Pemberian pupuk dengan dosis rendah, namun lebih sering (dua minggu sekali) akan memberikan pengaruh pertumbuhan yang lebih baik.

9. Hama dan Penyakit

Penyakit yang sering menyerang adalah layu fusarium akibat dari jamur fusarium. Ini bisa diatasi dengan fungisida. Bila kelembaban tinggi semprot seminggu sekali. Dan perhatikan penyiraman, jangan sampai berlebih dan menggenang. Sedang hama yang sering adalah ulat. Bila menemukan ambil dan matikan. Untuk pencegahan semprot dengan  insektisida sebulan sekali.

Memang untuk mendapatkan aglaonema dengan kondisi prima tidaklah mudah. Banyak hal yang mesti diperhatikan, khususnya dalam hal pemeliharaan dan perawatan. Setidaknya tips diatas dapat memandu Anda para hobiis Aglaonema untuk mewujudkan impian Anda. Yaitu mewujudkan Aglaonema dengan tampilan bagus, kondisi tanaman sehat. Juga mempunyai jumlah anakan yang cukup. sehingga dapat juga dikembangbiakan. Selamat mencoba….!!!

Satu Tanggapan

  1. .thanks gan infonya. buat agan-agan yang minat sama aglaonema bisa beli disini http://kebunbibit.com/en/89-aglaonema

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: