Bibit Anggrek Botolan, Kapan saat yang tepat mengeluarkan bibit dalam botol


Pada saat bibit anggrek botolan dikeluarkan dari dalam botolnya, saat itulah periode kritis tanaman anggrek. Dimana bibit anggrek botolan tersebut, yang sebelumnya terkontrol dengan makanan dari media agar yang steril, kemudian harus dikeluarkan dan menyesuaikan dengan lingkungan yang ekstrem. Setelah pemilihan bibit anggrek dalam botol, tahapan berikutnya adalah pengeluaran bibit anggrek dari dalam botol. Tapahan  inilah merupakan tahapan penentuan apakah bibit tersebut akan tumbuh baik atau tidak, bahkan bisa hidup atau mati. Untuk itu perlu diketahui, kapan saat yang tepat mengeluarkan bibit anggrek botolan tersebut.

Biasanya para grower atau hobiis anggrek dalam membeli bibit anggrek botolan tidak semuanya sudah siap untuk dikeluarkan dari botol. Bibit anggrek yang demikian harus disimpan dan dirawat. Menunggu sampai bibit anggrek tersebut siap untuk dikeluarkan dari botol. Penyimpanan bibit anggrek  tidak boleh sembarangan. Penempatannya harus tepat, sesuai kondisi yang diinginkan oleh bibit anggrek tersebut. Yang baik tempatkan bibit anggrek botolan pada rak botol.

Adapun kondisi lingkungan yang tepat agar bibit anggrek botolan tersebut dapat tumbuh baik adalah :

  1. Sinar matahari, Bibit anggrek botolan ini tidak boleh menerima sinar matahari secara langsung. Kebutuhannya hanya 20%. Untuk itu perlu dipasang naungan paranet. Lama penyinaran (panjang siang) yang diperlukan 16 jam. Sehingga bisa dibantu  dengan lampu fluorescent 20 watt.
  2. Temperatur, Temperatur ruang penyimpanan diusahakan merata. Temperatus yang dibutuhkan adalah 21OC. Temperatur yang lebih rendah menyebabkan pertumbuhannya lambat. Dan fluktuasi temperatur yang drastis bisa menyebabkan infeksi pada bibit.
  3. Kelembaban udara, Kelembaban relatif dalam ruang penyimpanan bibit anggrek botolan tidak boleh lebih rendah dari 65%. Bila lebih rendah, penguapan dalam botol akan berlangsung cepat.   Sehingga media agar dalam botol akan mengering dan bibit anggrek akan mati.

Setelah disimpan dan dirawat yang beanar, tinggal menunggu saat yang tepat untuk mengeluarkan bibit anggrek tersebut dari dalam botol untuk dipindahkan pada pot, yang kemudian dilakukan perawatan lanjutan. Permasalahannya sekarang kapankah saat yang tepat tersebut…????

Saat akan mengeluarkan bibit anggrek dari botolnya, harus dikenali dulu, bahwa bibit tersebut masuk golongan anggrek monopodial (Vanda, Phalaenopsis, Rhenanthera) atau sympodial (Cattleya, Dendrobium, Oncidium). Keduanya mempunyai perbedaan pertumbuhan dan waktu saat pengeluaran dari botol.

Untuk bibit anggrek monopodial, saat yang tepat mengeluarkannya dari dalam botol adalah waktu tanaman memperlihatkan pertumbuhan yang kuat, cepat dan segar. Pada Vanda ditandai dengan sudah terlihatnya akar-akar agak besar sepanjang kurang lebih 5 cm, dengan jumlah 3 helai atu lebih. Sedangkan pada phalaenopsis, ditandai dengan akar-akar yang besar dan segar minimal sudah ada 3 helai.

Untuk bibit anggrek sympodial, saat yang tepat adalah ketika tanaman dalam botol sudah memperlihatkan umbi (bulb), paling tidak umbi yang kedua. Umbi ini sebagai tempat menyimpan makanan. Pada cattleya sudah tumbuh banyak akar yang panjang. Dan daun tampak lebar. Pada dendrobium memperlihatkan juga akar-akar yang banyak, halus dan panjang.

Ketepatan waktu mengeluarkan bibit anggrek botolan adalah penting untuk pertumbuhan selanjutnya. Dimana bila terlalu cepat, atau dikeluarkan sebelum waktunya, tanaman masih lemah sehingga tidak tahan dengan kejutan perubahan kondisi yang dialami. Dipastikan prosentase kematian akan tinggi. Sebaliknya bila terlambat mengeluarkan bibit dari botol, tanaman sudah besar sehingga sulit mengeluarkan dari botol. Dan bila dipaksakan maka perakarannya akan rusak, tanaman mudah mati. Bila bibit anggrek terlalu lama dalam botol sampai sudah menghabiskan makanan dalam media agar, maka tanaman tersebut akan terlantar. Sehingga akan menemui kesulitan untuk pertumbuhan selanjutnya. Bahkan bila terlalu ekstrem tanaman akan mati menguning dalam botol.

Setelah bibit anggrek botolan tersebut disimpan dengan benar, pertumbuhan baik, tiba saat yang tepat mengeluarkan bibit tesebut dari dalam botol. Kemudian dipindah tanamkan ke pot. Untuk kedua golongan anggrek monopodial dan sympodial tahap pertama pengeluaran dari dalam botol memerlukan perawaan yang sama. Cara pengeluaran dari dalam botol bisa anda down load pada Box Ebook Gratis, buka botol v.5 PDF. Selamat mencoba, mari bersama menyelamatkan anggrek Indonesia……!!!

11 Tanggapan

  1. bantu aku doong aku gak kenal bagaiman merawat dan budidaya anggrek, tapi aku hobby banget sama ciptaan sang kholik yang cantik itu! aku pingin belajar bagai mana pengembang biakannya n perawatannya bantuu aku yaaa maaakasih

  2. Kalau Mbak Eka mau sungguh2 belajar budidaya anggrek belajar dari dasarnya dulu, baru terus berlanjut ke perawatan,pembungaan dan sebagainya, sebenarnya kalau anda mau simak di artikel wawa orchid semuanya sudah ada tinggal disimak dipelajari dan dipraktikkan dan dikembangkan sendiri, terima kasih komentarnya.

  3. Pak edy, saya mnta bantuan infonya merawat anggrek dong. Saya baru dikasih bibit anggrek botolan sama teman tapi gak tau cara ngerawatnya gimana.bibitnya dlm btol bening kecil, tadinya saya pikir itu pajangan hehe..alumunium foil yg jd tutup botolnya dibuka apa dibiarin aja sampe bibitnya agak gedean yah pak? Makasih infonya

  4. wah bacaan nya bagus nih,
    oh iya katanya ada tanaman anggrek baru yah ?

  5. Merawat anggrek itu mudah kok Mbak Lia, asal tekun aja, untuk infonya sudah ada semua di blog ini, lebih detailnya saya lagi susun ber jenis anggrek, nanti kalau udah jadi tak terbitkan di blog ini.

  6. Oh ya baru dirilis sama LIPI, ditemukan di Pulau Kalimantan dan diberi nama :
    1. Dendrobium flos-wanua
    2. Dendrobium dianae
    dua spesies baru anggrek endemik pulau Kalimantan. Warnanya cantik, dasarnya kuning cerah.

  7. Pak, saya ingin download e-booknya koq ga bisa ya< apa kuotanya sudah habis?

    Tks

  8. Oh.. bisa kok, langsung diklik aja nanti muncul pilihan download atau share.
    Terima kasih

  9. pengin bisa menangkarkan anggrek, baca” sih sudah sering, tp kalo ndak langsung melihat atau mempraktekkan sulit juga, kalau mau belajar kemana ya

  10. Ya klo mau belajar untuk tujuan apa dulu, hanya hobi atau untuk bisnis atau keduanya, coba dikit aja, klo sekedar hobi beli aja yang udah mulai berbunga, biar cepat nikmatinya, karena waktu untuk berbunga dari nol itu lama hampir 1,5 thun tergantung jenisnya

  11. Pak Edy bisa kirimkan PDF nya ke email saya,terima kasih sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: