Dari Tanaman Hias, tersimpan peluang usaha yang sangat luas


Uasaha tanaman hias seperti pada bisnis kebutuhan pokok. Tanaman hias sudah menjadi kebutuhan harian untuk penyejuk hati dan penyegar pikiran. Kebutuhan akan tanaman hias terus terjadi peningkatan setiap tahunnya. Hal ini seiring dengan peningkatan pembangunan perumahan. Pada posting yang lalu telah diulas khusus peluang pada tanaman anggrek. Kali ini lebih luas lagi, baik peluang pada tanaman hiasnya maupun peluang usaha produk penunjangnya.

Keberhasilan usaha tanaman hias disamping tepat dan cepat mengambil peluang, juga harus mempunyai kemampuan dalam budidaya dan pemasaran. Budidaya yang efisien dan tehnik penjualan yang tepat akan memberikan keuntungan yang baik. Harga tanaman hias tidak ada patokan yang pasti. Tergantung dari kebutuhan dan selera pasar. Harga juga dipengaruhi oleh tren dari tanaman hias itu sendiri.

Peluang pada tanaman hias

1. Tanaman hias untuk taman/out door

Tanaman hias ini banyak ragamnya. Dari tanaman besar maupun tanaman kecil. Kebutuhan untuk taman cukup banyak, terutama pada pembangunan perumahan-perumahan baru. Juga kebetuhan untuk taman-taman kota.

2. Tanaman hias in door

Untuk jenis tanaman hias ini biasanya ditanam dalam pot. Tanaman hias yang tahan dalam ruangan. Marketnya untuk kelas menengah keatas. Aglaonema, anthurium, sansevieria, tanaman indoor eksotis lainnya.

3. Sewa tanaman hias

Dikota-kota besar, seperti Jakarta, bandung, Surabaya, sistem sewa tanaman hias ini sudah menjadi tren. Terutama untuk perkantoran, rumah sakit, bank, atau untuk acara tertentu.

4. Bunga potong

Peluang usaha ini cukup besar dan terus terjadi peningkatan. Bunga potong di Indonesia sudah diusahakan sekala industri, namun demikian volume import setiap tahunnya juga terus meningkat. Krisan, mawar, carnition, lily, dll.

5. Bibit tanaman hias

Seiring dengan peningkatan kebutuhan tanaman hias, kebutuhan bibitpun meningkat pula. Di Indonesia masih sedikit usaha yang khusus fokus pada bibit ini, kecuali anggrek.

Peluang produk penunjang tanaman hias

1. Pot/tempat tanam tanaman hias

Pot sudah diproduksi secara industri. Pot plastik, keramik, maupun pot tanah liat. Namun usaha ritail pot masih mempunyai peluang yang besar.

2. Media Tanam

Saat ini untuk tanaman hias dalam pot, yang digunakan sebagai tanaman hias indoor, agar tidak terlalu berat media tanam yang digunakan menggunakan media non tanah. Disamping  untuk memberi kesan tidak jorok. Juga biasanya tanaman dalam pot butuh media yang porous agar air tidak menggenang. Diantaranya sekam bakar (arang sekam), cocopit, pasir malang, cacahan pakis, dll. Media tanam ini memberikan peluang untuk diusahakan dengan sekala yang lebih besar.

3. Pupuk dan pestisida

Pupuk anorganik maupun pupuk organik dan pestisida sudah diroduksi oleh pabrik. Seperti pot, peluang ritail untuk produk ini masih besar. Mengingat semua tanaman produksi membutuhkan pupuk maupun pestisida.

4. Batu hias atau aksesoris taman

Saat ini mulai semarak diusahakan para pembuat taman. Juga dipajang oleh penjual tanaman hias. Namun melihat kebutuhannya yang cukup besar, peluang untuk produk ini cukup besar pula.

5. Jasa pemeliharaan taman

Sektor diusaha ini belum banyak disentuh oleh banyak orang. Biasanya dilakukan oleh pengelola perumahan elit. Peluang diusaha ini masih sangat terbuka lebar. Mengingat kesibukan kerja seseorang, tidak mengetahui perawatan tanaman, baik pemangkasan, pemupukan dan pengendalian hama penyakit.

6. Jasa pembuatan taman

Semakin maraknya pembangunan perumahan baru, makin meningkat pula peluang pada usaha ini. Kita tahu bahwa setiap rumah untuk menengah keatas pasti ada tamannya. Juga taman pada lingkungan perumahan.

Biasanya para penjual tanaman hias menggabungkan beberapa usaha yang ada diatas. Disamping menjual tanaman hias juga menjual pot atau pupuk dan pestisida. Namun demikian kendala-kendala yang ada menghambat perkembangan usahanya. Keterbatasan modal, Serangan hama dan penyakit, Kurangnya inovasi dalam desain untuk taman dan kurangnya profesional pengelolaan usaha. Itulah tantangan untuk kita, bagaimana ada masukan dari Anda..?

10 Tanggapan

  1. Usaha tanaman hias, memang ke arah masa depan semakin di minati, thanks infonya

  2. Bisnis seperti ini, yang saya herankan kenapa masih belum dilirik untuk di franchise kan ? kan potensial banget

  3. go..go..go bisnis tanaman..semoga bisa se mantaf dan semaju bisnis makanan

  4. Sebenarnya sudah ada, setahu saya untuk anggrek, tapi belum sekencang bisnis makananan, mudah-mudahan kedepan tambah rame. Terima kasih.

  5. Peluang usaha yang menjanjikan! Bagi yang menjalankannya diperlukan ketekunan dan kejujuran…

  6. Terima kasih atas postingnya yang menarik.

    Salam kenal & sukses selalu,
    Purwadi
    Grosir Sepatu Safety
    grosirsepatusafety.wordpress.com
    0811773163

  7. Salam kenal kembali, sukses menyertai Anda.

  8. Tanaman hias memang sesuatu yang dapat dijadikan peluang usaha. Saya sudah menggeluti usaha tanaman hias sejak beberapa tahun yang lalu dan hasilnya lumayan menguntungkan.

    Teriakasih telah berbagi!

  9. Semangat juga jadinya, ini sedikit iklan kecil saya, makasih.. :

    FLORA UNGGUL ©
    collection
    ______________
    •Supplier/menjual/menyewakan berbagai tanaman buah
    dan tanaman hias
    •Menjual aneka pot/pupuk/kompos/obat anti hama
    •Melayani jasa rehabilitasi/pembuatan taman

    Jalan Raya Irigasi, Pasar Sipon Baru, Cipondoh, Tangerang
    Anas :Telp. 021-97282949

  10. tks infonya, bermanfaa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: