Kebutuhan cahaya matahari dan temperatur untuk pertumbuhan dan pembungaan tanaman anggrek


Tanaman membutuhkan cahaya matahari, termasuk tanaman anggrek. Cahaya matahari sangat terkait dengan temperatur. Cahaya matahari penuh, temperatur cenderung lebih panas. Cahaya matahari dan temperatur mempengaruhi dua proses kehidupan tanaman.

1. Proses Asimilasi :

Proses asimilasi atau juga disebut fotosintesis adalah proses pengolahan bahan dari luar tanaman seperti air, CO2, nutrisi,  yang akan digunakan untuk kebutuhan hidup, memperbaiki kerusakan sel, dan sebagai sumber energi serta untuk membentuk cadangan makanan bagi tanaman.

2. Proses Disimilasi :

Proses membongkar dan menguraikan zat-zat cadangan makanan yang akan dijadikan energi panas atau energi lainnya. Proses disimilasi akan terjadi lebih giat apabila temperatur lingkungannya panas (udara panas).

Pada siang hari apabila mendung maka proses asimilasi akan berkurang. Dan bila temperatur tinggi, maka tanaman akan kehilangan cadangan makanan, karena proses disimilasi juga tinggi. Sebaliknya bila cahaya cerah dan temperatur agak rendah, maka tanaman akan terjadi pertumbuhan.

Kebutuhan cahaya matahari dan temperatur berbeda untuk setiap jenis tanaman anggrek. Ada jenis anggrek yang tidak tahan terhadap cahaya matahari langsung, misalnya Cattleya, Dendrobium atau Phalaenopsis. Namun bila cahaya matahari kurang, daun tanaman menjadi berwarna hijau tua. Pertumbuhan tanaman kurang baik. Dan bunga tidak mau keluar, juga rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Bila cahaya matahari berlebih, tanaman menjadi kekuning-kuningan, dan kadang-kadang sampai terbakar. Terjadi pembongkaran cadangan makanan yang berlebih, pertumbuhan terhambat, dan bila berlanjut tanaman akan mati.

Kebutuhan cahaya matahari (%) dan temperatur (OC) untuk beberapa jenis tanaman anggrek :

Jenis Anggrek

% cahaya matahari

Temperatur (OC)

Malam

Siang

Cattleya

50 ~ 60

13 ~ 16

19 ~ 24

Dendrobium

50 ~ 60

15 ~ 16

25 ~ 27

Oncidium

60

15 ~ 18

27

Paphiopedilum (daun hijau)

10 ~ 15

13

21 ~ 25

Paphiopedilum (daun lurik)

20 ~ 30

15 ~ 19

27

Phalaenopsis

15 ~ 30

19

27

Vanda (pensil)

100

21

28

Vanda (sabuk)

30 ~ 50

21

28

Tom Gunadi, 1979

Yang perlu diperhatikan yaitu, sifat dan kebutuhan tiap jenis anggrek terhadap cahaya matahari. Pengaturan cahaya matahari yang sesuai dengan kebutuhannya akan membuat kehidupannya lebih baik, tumbuhan subur, warna daun hijau sehat, berbunga pada waktunya. Dan juga tidak mudah terserang hama dan penyakit.

Untuk mengatur kebutuhan cahanya matahari bisa digunakan naungan dari paranet. Saat ini sudah banyak dijual dipasaran paranet dengan ketebalan sesuai dengan persen kebutuhannya. Untuk para hobiis yang hanya mempunyai bebarapa pot saja bisa ditempatkan dibawah naungan pohon atau di teras rumah. Yang penting penempatanya disesuaikan dengan kebutuhannya.

Bagaimanakah dengan anggrek Anda..? sudahkah tumbuh normal..? berbunga tepat waktu dan sehat..?  Kalau jawabannya ada sebagian yang belum, bahkan semuanya belum, coba cek kembali kebutuhan dasar diatas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: