Dendrobium Secundum, dendrobium speci yang beda


den secundumMemang agak aneh bentuk dendrobium ini, dibanding dengan lainnya. Namun kalau kita amati bunga ini indah dengan perpaduan warna merah muda menyala dengan bibir kuning orange. Keanehan nya karena bunganya yang kecil, ukuran bunganya dengan panjang sekitar 1.8 cm dan lebar 0.6 cm, dengan sepal tengah panjangnya hanya 7 mm dan lebarnya sekitar 4 mm, dengan petal yang sempit dan bibir seperti taji membentuk huruf V. Keanehan lainnya adalah antara karangan bunga dengan batang, sungguh tidak seimbang. Tangkai bunganya yang pendek sekitar 10 cm dengan batang yang panjangnya bisa mencapai 1 meter.

Dendrobium ini mempunyai batang kira-kira sebesar ibu jari, dan memanjang. Tangkai bunganya muncul di ujung batang, di buku yang paling atas. Tangkai bunga dendrobium ini muncul pada batang-batang yang gundul, yang daunya sudah rontok. Dendrobium secundum mempunyai bunga yang kecil yang sangat rapat letaknya..  Kedudukan kuntum-kuntum bunganya selalu menghadap ke satu arah, karena itu juga disebut anggrek sikat gigi. Anggek ini masuk golongan epifit dengan daerah tumbuh banyak di Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Sulawesi.

3 Tanggapan

  1. mampir baca2 gan.
    blog yang menarik, banyak tulisan tentang bunga.
    keep bloging. semangat

  2. Saya tinggal di daerah bekasi, tetapi ingin memelihara anggrek. Apakah ada anggrek yang cocok tumbuh di daerah panas seperti bekasi ya? Dengar2 dendrobium bisa hidup di daerah panas, betul tidak pernyataan itu? Terima kasih

  3. Untuk daerah panas yang paling cocok dendrobium, tapi tetap pakai naungan/paranet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: