Grammatophyllum scriptum, yang disebut-sebut anggrek macan


Memang macam-macam orang memberikan sebutan pada tanaman yang pertama ditemukannya. Tidak terkecuali anggrek Grammatophyllum scriptum, banyak orang menyebutnya sebagai anggrek macan. Entah kenapa demikian. Apa karena corak warnanya yang loreng coklat dan ada yang totol coklat. Atau ketahanan dan kekuatan hidupnya yang seperti macan. Lepas dari itu, keindahan anggrek ini bila berbunga, wow….indah sekali…Tangkai bunga panjang dengan kuntum bunga yang banyak, membuat semakin takjub yang melihatnya.

Anggrek ini termasuk berumbi semu pendek, umbinya tidak  tertutup oleh upih daun. Dan beberapa helai daun tumbuh dipuncak umbisemu.  Perawakan (habitus) tanaman dari tipe ini mirip cymbidium. Anggrek macan ini paling baik ditanam dalam krat dan digantung. Juga dapat ditempelkan pada dahan pohon dengan sinar matahari langsung. Karena karangan bunga anggrek macan menggelantung kebawah. Jenis media tanam yang bisa digunakan untuk menanam anggrek ini pakis atau arang kayu. Anggrek macan kurang suka diganggu terlalu banyak dengan pengepotan ulang.

Grammatophillum scriptum atau yang disebut anggrek macan di Indonesia mempunyai daerah penyebaran di Papua, Makasar dan Nusa Tenggara Timur (NTT). Bunga-bunga anggrek ini tidak terlalu besar. Ukuran sepalnya dengan panjang hanya 3 cm. Berwarna kehijauan pucat. Hampir seluruh permukaan sepal dan petalnya tertutup warna coklat. Pada varietas tigrinum, sepal dan petalnya mempunyai gambaran bercak-bercak besar dan rapat serta tidak teratur berwarna coklat.

About these ads

30 Tanggapan

  1. Thanks atas informasi yg sungguh membuat aku lebih mencintai anggrek meskipun banyak tantangan al gak boleh malas dlm merawatnya. saya mohon masukan cara merawat anggrek hitam. dan di mana bisa didapatkan anggrek macan seperti di tsb diatas. Apa termasuk anggrek mahal ?

  2. terima kasih sdh berkunjung ke blog WAWA ORCHID
    sebetulnya cara perawatan anggrek hitam sama aja dengan anggrek species yang lain yang penting kita dalam merawt anggrek janga lupa memperhatian lingkungan tempat teduh yang meliputi :
    a. Cahaya ( panjang cahaya dan intensitas cahaya )
    b. Penyiraman air yang cukup
    c. Angin yang cukup dan kelembapan
    d. Pemupukan yang rutin
    Ketepaan di WAWA ORCHID punya mbak mengenai harga antara 50rb s/d 150rb

  3. saya baru lihat yang bergaris coklat warna lebih kalem. Kalau yg totol2 udah ada cuman masih bayi karna udah 3x mati. Yg terdahulu mati karna bonggolnya busuk kenapa ya?

  4. ada beberapa hal kemungkinan bonggol busuk
    1. terlalu banyak air waktu penyiraman
    jangan sampai penyiraman anggrek itu melebihi jam 4 sore karena kalau terlalu sore penguapan tidak tuntas ankhirnya menimbulkan jamur
    2. Karena luka kena gigitan serangga
    Maka disrankan bagi yang punya anggrek diwajibkan untuk rutin berkala penyemprotan Insektisida untuk mencegah agar supaya anggrek tidak diserang serangga, biasanya yang menyerang anggrek macan sejenis kutu gajah

  5. allo mbak, gini saaya mau tanyakn bisa gak anggrek itu ditanam pada pot yang media tanamnya itu tanah? tks

  6. Bisa saja mbak, tapi lebih baik medianya yang porous, tanah bisa dicampur cacahan pakis dan kompos. terima kasih

  7. allow mbak, aq lg fallin in love ma anggrek….
    skg anggrekku dah ada tunasnya…..
    tp jarang berbunga….
    gmn caranya yah supaya rajin berbunga

  8. Untuk anggrek kalau kondisi pemeliharaannya tepat akan berbunga dengan sendirinya, tepat dalam arti lingkungannya pas untuk jenis anggrek yang dipelihara (temparatur & kelembaban), air & nutrisinya terukur sesuai dengan kebutuhannya, dan yang satunya lagi umur tanamannya sudah siap untuk berbunga.

  9. hallow…….saya punya anggrek macan di rumah. tapi kok gak berbunga, diberi apa ya biar bisa berbunga ?

  10. Anda tinggal dimana ya… untuk berbunga kalau tanaman sehat….kemudian lingkungannya cocok dan mendukung.. pasti berbunga.

  11. saya pingin tahu jenis tanaman apa saja yg bisa dipelihara secara indoor, spt yg ada di kantor-2. Karena saya ingin berusaha utk menyewakan tanaman-2 tsb untuk perkantoran. Trimaksih.

  12. Banyak sekali kok macamnya tanaman indor, lebih detailnya anda bisa beli buku khusus tanaman indoor, disitu sudah dijelaskan bagaimana sifat-sifat tanaman tersebut, bisa anda cari digramedia.

  13. termksh ats artkel2 anggreknya. berkt serg2 bc artkel ttg anggrek alhdlh koleksiku sdh mulai mau kembg. kuncinya memang kt hrs memhmi tanaman. kalo kt rwt dgn hati mk tanaman tsb pun akn membrika kesnangan untk kt lwt bunganya. tx bgt y….

  14. apakah dalam satu tangkai dahan anggrek hanya berbunga dalm 1kali,atou dapat berbunga kembali?

  15. Tangkai bunga anggrek hanya sekali keluar bunga, kecuali anggrek bulan yang tangkainya dapat keluar cabang bunga lagi

  16. mas Edi sy pny anggrek macan,tp kog lain gambry dg pny ms yg sy pnya sosokny spt tebu (50-100cm) cma syng blm pernah brbunga. itu sy dpt di alam dan pnjng kuntum bunga sama dg panjg batang dan sy liat di buku deskripsinya juga gramayophyllum

  17. mas Edi sy pny anggrek macan,tp kog lain gambry dg pny ms yg sy pnya sosokny spt tebu (50-100cm) cma syng blm pernah brbunga. itu sy dpt di alam dan pnjng kuntum bunga sama dg panjg batang dan sy liat di buku deskripsinya juga gramayophyllum. sy tinggal di kalbar

  18. berapa bulan anggrek bulan dapat berbunga?dan bagaimana perbayakannya?
    dan bagaimana pula anggrek dedro kuning kriting tidak dapat berbunga,padahal pertumbuhan tunas bagus? perlu diketahui daerah saya sulit air, tapi Alhamdullilah sebagain 95% anggrek saya hidup bagus berkat air cucian beras,daging dan air kelapa

  19. Mas herawadi itu jenis lain dari grammathopylum, yang sosoknya panjang itu dikenal dengan anggrek tebu.

  20. Mbak Nana anggrek bulan dari bk botol sampai berbunga membeutuhkan waktu 18 – 24 bulan dalam kondisi normal. Untuk cara pembibitan dengan cara tebar benih atau di cloning dan dilakukan dilaboratorium. Tapi saat ini banyak dijual bibit dalam botol, isi 25 bibit. Untuk dendronya mungkin kebanyakkan nutrisi shg hanya tumbuh vegetatif saja, coba hentikan sirama air kelapanya, krn air kelapa itu mengandung hormon untuk memacu pertumbuhnan.

  21. langsung tanya nich mba………. aq tinggal di daerah Cikarang yg suhu udara’y puanuazzz bgt,blum lama order anggrek tebu,aq kasih media tanam’y kompos ma pakis di campur abizz, n di taburin dekastar tp ko daun’y lama2 menguning lanjut coklat n gugur secara berkala….apa yg salah y mba :( :( :(

  22. Klau baru tanam jangan dikasih pupuk dulu, biar perakarannya tumbuh baik baru dipupuk, dan juga tolong cek humiditynya, terima kasih

  23. Mas Edy, sy punya dua pot anggrek macan, masing2 lima dan enam bulb, emang belum pernah berbunga. Sy jadi penasaran lihat foto anggrek di atas. Sebaiknya anggrek macan ini digantung apa di taruh di rak untuk lebih bagusnya? makasih…

  24. Dirumah dipot dan ditaruh dirak, anggek macan dari hutan kalimantan, hutan tropis yang panas tapi terlindung tanaman dan lembab, kita harus sesuaikan kondisinya kalau mau cepat berbunga. terima kasih.

  25. nanya dong, saya punya anggrek macan, sempat berbunga…karena potnya penuh maka saya pisahin…tapi koq jadi kerdil ya? sepertinya hidup segan mati tak mau…thanks

  26. Pelan-pelan saja kalau pisahin cari sela antar batangnya sehingga akar tidak rusak dan bis juga dilakukan sambil direndam, sehingga akar yang saling mengikat bisa lepas dan mudah ditarik, kalau sudah seperti itu coba bongkar lagi, akar yang membusuk dibersihkan dan ganti dengan media cacahan pakis yang baru, ikat supaya tidak gerak, biar akar baru cepat tumbuh, teduhkan dulu dan siram sehari sekali saja, sampai tumbuh tunas baru, selamat mencoba.

  27. saya punya bibit anggrek macan..yang dari botol…trus dah sebulan ..tiba2 saja bibit yang tadi nya subur…..mulai busuk..apa penyebabnya y……………

  28. Bibitnya masih didalam botol apa sudah dikeluarin, kalau masih dibotol, nutrisi medianya sudah habis dan kontaminasi, dan harus cepat dikeluarkan. Kalau sudah diluar bisa terlalu basah atau kelembabannya terlalu tinggi, kurangi penyiraman, kalau masih dalam kompot, cepat dipisah individu.

  29. matur nuwun info nya

  30. Ada yang mau bagi sama saya ? ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 515 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: