Waktu yang tepat repotting anggrek cattleya


anggrek cattleya putih
Anggrek cattleya hibrida (foto : 123 orchid)

wOw – Repotting atau mengganti pot pada anggrek cuttleya mesti dilakukan pada waktu yang tepat. Jangan sampai mengganggu proses pertumbuhannya atau pembungaan. Repotting dilakukan untuk memperbaiki pertumbuhan atau juga untuk merangsang pembungaan kembali. Bila dilakukan terlambat, dampaknya pertumbuhan akan terganggu, dan bila karena hama dan penyakit, maka tanaman akan rusak dan mati.
Repotting biasanya dilakukan untuk mengganti media tanam dan atau memisahkan anakan atau pseudobulb. Waktu yang tepat mengganti pot anggrek cattleya pada saat jumlah pseudobulb sudah penuh berdesakan, media tanam sudah lapuk karena usia dan media tanam rusak karena serangan hama dan penyakit.

Baca juga : repotting anggrek, saat tepat mengganti pot anggrek

Repotting karena pseudobulb sudah memenuhi pot
Bila anggrek cattleya dalam pot berdiameter 20 cm atau dibawahnya, dan sudah ditumbuhi lebih dari 15 pseudobulb, maka anggrek cattleya tersebut sudah waktunya untuk dilakukan penggantian pot dan memisahkan beberapa pseudobulbnya. Dalam kondisi pot yang dipenuhi oleh pseudobulb tersebut pertumbuhan cattleya akan terhambat. Untuk itu perlu dilakukan pemisahan pseudobulb. Pemisahan minimal harus ada 3 pseudobulb yang saling terhubung oleh rizoma. Setelah pseudobulb dipisah-pisahkan, bersihkan akar-akar yang mati, kemudian cuci sampai bersih akar-akar yang masih hidup dan rizomanya dari media tanam yang menempel. Rendam dengan larutan fungisida yang sistemik selama 1 menit, kemudian keringkan dengan dianginkan. Setelah kering, tanam kembali pseudobulb tersebut pada pot yang baru diameter 18 – 20 cm yang telah berisi media baru seperti arang, pakis, atau yang lainnya.
Penanaman pseudobulb yang paling tua ditanam menempel pada bibir pot. Dengan demikian tunas anakan baru akan tumbuh mengarah ditengah pot, dan pada akhirnya dapat mengisi seluruh permukaan pot. Berikan penyangga dari kawat agar tanaman tidak goyang, sehingga akar baru akan cepat tumbuh. Setelah selesai tanam siram dengan campuran vit B1 dan atonik dengan dosis 1 cc per liter. Tempatkan tanaman ditempat yang teduh dan siram tanaman setiap hari bila cuaca panas. Pemupukan dapat dilakukan seminggu setelah penanaman, diawali dari dosis yang paling rendah.
Saat pengeluaran pseudobulb dari dalam pot sering kali mengalami kesulitan, karena akar-akar cattleya yang telah menempel kuat dipot atau pseudobulb terlalu penuh. Untuk menghindari kerusakan pada pseudobulb maupun perakarannya, sebaiknya lakukan pemecahan pot atau perendaman di air, saat akan mengeluarkan dari pot

Repotting karena media tanam sudah lapuk termakan usia
Penggantian pot ini dilakukan hanya untuk mengganti media tanam. Pot lama bisa digunakan kembali dengan syarat dicuci sampai besih. Pada kondisi ini, dimana media tanam sudah lapuk, biasanya tanaman mudah sekali dicabut dari potnya. Setelah itu bersihkan akar-akar yang mati dan media tanam yang menempel diakar. Cuci sampai bersih perakarannya, rendam dengan fungisida sistemik selama 1 menit, kemudian keringkan dengan diangin-anginkan. Setelah pot dan media tanam disiapkan, selanjutnya cara dan urutan penanaman sama dengan cara yang pertama.

Baca juga : Tips membuat anggrek cattleya rajin berbunga

Reporting disebabkan media tanam rusak karena terserang hama dan penyakit
Repotting ini dilakukan kala media tanam rusak akibat serangan hama seperti siput kecil atau semut yang bersembunyi dalam media tanam. Selain itu juga dapat disebabkan oleh serangan jamur atau bakteri. Akibatnya sebagian besar akar rusak dan pertumbuhan menjadi lambat. Saat mengganti media tanam baru, media tanam lama yang masih melekat pada akar harus dibersihkan. Akar-akar yang tua sudah tidak aktif dibuang.
Sebelum melakukan penanaman, cuci bersih akar-akar anggrek cattleya tersebut, kemudian rendam dengan fungisida/bakterisida/insektisida selama 1 – 3 menit. Pestisida yang digunakan tergantung serangan pada tanaman cattleya tersebut. Demikian pula pot lama yang akan digunakan kembali harus dicuci dengan disikat sampai bersih, kemudian direndam pestisida sesuai dengan jenis serangannya selama 24 jam. Disarankan untuk menanam kembali anggrek cattleya yang kena serangan hama atau penyakit menggunakan pot yang baru. Cara dan urutan penanaman kembali sama seperti cara repotting yang pertama. Selamat mencoba….

Komentar