Tips merawat Aglaonema agar warna daun cerah cemerlang


aglaonema pride of sumatera
Aglaonema pride of sumatera (foto : wawa Orchid)

Penampilan Aglaonema yang indah menawan menjadi dambaan hobiis. Selain rasa kepuasan batin juga kebanggaan. Aglaonema bagus ditandai dengan pertumbuhan yang sehat, daun mulus dan mengkilap, warna dan corak menonjol serta kompak. Sebagai tanaman hias daun, aglaonema memang harus memamerkan kemolekkannya.

Untuk mendapatkan penampilan yang menawan perlu cara merawat aglaonema yang benar dan intensif. Dimana syarat-syarat cara merawat aglaonema harus dijalankan dengan benar dan sungguh-sungguh. Siratu daun, sebutan untuk aglaonema ini, akan memberikan penampilan terbaiknya bila persyaratan pertumbuhannya telah terpenuhi. Termasuk lokasi, temperatur, kelembaban dan perawatan rutin lainnya.

Beberapa tips cara merawat aglaonema dibawah ini dapat membantu Anda hobiis aglaonema mendapatkan pertumbuhan aglaonema dengan penampilan cantik dan menawan. Disamping pemilihan tanaman dengan kondisi sehat tentunya.

1. Tempat

Tempat yang ideal untuk pertumbuhan aglaonema pada ketinggian 300 – 400 m diatas permukaan laut (dpl). Pada tempat yang ideal ini akan dihasilkan tanaman aglaonema yang tumbuh tegap, daun tebal, warna dan corak lebih mencolok.

2. Temperatur

Temperatur optimal yang dibutuhkan aglaonema untuk pertumbuhan terbaiknya adalah 28 ~ 30 OC siang hari dan 20 ~ 22 OC pada malam hari. Temperatur yang terlalu tinggi akan menyebabkan daun tipis dan warnanya menjadi pucat dan pudar. Perubahan temperatur yang ekstrem menyebabkan tanaman aglaonema stress dan pertumbuhan akan terganggu.

3. Kelembaban

Kelembaban 50 ~ 75% cocok untuk pertumbuhan aglaonema. Pada kisaran kelembaban ini tanaman akan tumbuh baik dan daunnya segar. Kelembaban lebih rendah akan menyebabkan daun pucat dan layu. Sedang kelembaban yang lebih tinggi akan memicu munculnya beragam penyakit, terutama jamur.

4. Pencahayaan

Sesuai habitat aslinya aglaonema menyukai tempat yang teduh. Intensitas sinar matahari yang dibutuhkan hanya 10 ~ 30%. Untuk itu aglaonema sangat cocok untuk tanaman hias indoor. Untuk mendapatkan pencahayaan tersebut bisa dipasang paranet 75 ~ 85%.

5. Sirkulasi Udara

Sirkulasi udara sangat membantu proses penguapan, terutama saat musim hujan. Sehingga kelembaban lingkungan tetap terjaga. Sisrkulasi udara yang jelek, dapat menyebabkan tertanggunya proses penyerapan hara. Akibatnya pertumbuhan tanaman juga terganggu. Bila tempatnya sirkulasi udara kurang bagus bisa dipasang kipas angin.

6. Media tanam

Media tanam yang bagus untuk aglaonema yaitu media tanam yang porous dan tidak tergenang air. Yang bisa digunakan adalah campuran; sekam bakar, coco peat, pakis, pasir malang, kompos. Komposisi media sangat tergantung dari ketinggian lokasi dan kelembaban.

7. Penyiraman

Frekuensi dan dosis penyiraman disesuaikan dengan kondisi media dan lingkungn setempat. Lakukan penyiraman dengan air yang cukup, namun tidak menggenangi media. Bila kekurangan air pertumbuhan tanaman terhambat dan juga mengurangi jumlah anakan.

8. Pemupukan

Kebutuhan nutrisi sangat penting untuk menunjang pertumbuhan. Berikan pupuk dengan kandungan N-P-K yang berimbang. Dengan cara dilarutankan dalam air lalu disiramkan.  Pemberian pupuk dengan dosis rendah, namun lebih sering (dua minggu sekali) akan memberikan pengaruh pertumbuhan yang lebih baik.

9. Hama dan Penyakit

Penyakit yang sering menyerang adalah layu fusarium akibat dari jamur fusarium. Ini bisa diatasi dengan fungisida. Bila kelembaban tinggi, semprot dengan fungisida seminggu sekali. Dan perhatikan penyiraman, jangan sampai berlebih dan menggenang. Sedang hama yang sering adalah ulat. Bila menemukan ambil dan matikan. Untuk pencegahan bisa disemprot dengan  insektisida sebulan sekali.

Memang untuk mendapatkan aglaonema dengan kondisi prima tidaklah mudah. Cara merawat aglaonema yang benar harus diterapkan. Setidaknya tips diatas dapat memandu Anda para hobiis Aglaonema untuk mewujudkan impian Anda. Yaitu mewujudkan Aglaonema dengan tampilan bagus, kondisi tanaman sehat. Juga mempunyai jumlah anakan yang cukup. sehingga dapat juga dikembangbiakan. Selamat mencoba….!!!

Satu respons untuk “Tips merawat Aglaonema agar warna daun cerah cemerlang

Komentar